Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Antara Pusat Penelitian Laut Dalam (PPLD)-LIPI dan SITH-ITB

BANDUNG, SITH.ITB.AC.ID – Pada Kamis, 1 April 2021 telah diselenggarakan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Antara Pusat Penelitian Laut Dalam (PPLD)-LIPI dan Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH)-ITB. Pelaksanaan kegiatan tersebut Plt Ketua PPLD LIPI, Dr. Nugroho Dwi Hananto dan Dekan SITH ITB, Dr. Endah Sulisyawati menandatangani perjanjian Kerjasama yang disaksikan oleh Deputi Ilmu Pengetahuan Kebumian LIPI, Prof. Ocky Karna Radjasa.

Kesepakatan yang telah dibentuk akan menjadi awal baru dalam pengembangan penelitian dan pendidikan terkait di bidang kelautan. Untuk mengawali kegiatan tersebut nantinya diinisiasi dengan topik penelitian bioteknologi molekuler laut dalam yang dikoordinasi oleh Ketua Kelompok Keilmuan Genetika Bioteknologi Molekuler (KK GBM) SITH, Dr. Fenny M. Dwivany dan Koordinator Peneliti

Mikrobiologi dan Biologi Molekuler PPLD LIPI, Dr. Charlie Ester de Fretes. Dokumentasi penandatanganan perjanjian kerjasama antara PPLD LIPI dan SITH ITB (01/04/2021)

Menteri Riset Teknologi dan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Prof. Dr. Bambang Permasdi Soemantri Brodjonegoro, Ph.D. pada Selasa, 23 Maret 2021 menyampaikan bahwa pengembangan penelitian di PPLD LIPI akan diarahkan pada bidang oseanografi dan keanekaragaman hayati untuk obat masa depan. Sejalan dengan arah pengembangan tersebut, SITH ITB yang berfokus terhadap pengembangan ilmu kehayatan (life science) di Indonesia, memiliki kesempatan untuk melakukan kerjasama dengan PPLD untuk pengembangan penelitian dan pendidikan di bidang laut dalam.

Penelitian sebelumnya terkait bioteknologi molekuler laut dalam pernah dilakukan oleh SITH ITB yang dikoordinasi oleh Dr. Maelita Ramdani Moes yang saat ini telah purna tugas dari SITH dan diundang untuk hadir dalam kegiatan penandatanganan ini. Salah satu topik penelitian yang pernah dilakukan adalah metagenomik DNA yang diisolasi dari air laut dalam serta sedimennya dari Kawasan Pulau Kawio, Sulawesi Utara, Indonesia. Pengalaman penelitian tersebut bisa dijadikan sebagai pemercik api semangat untuk pengembangan penelitian di bidang yang serupa kedepannya.

Diharapkan dengan adanya kerjasama antara PPLD dan SITH ITB ini dapat meningkatkan pengembangan penelitian untuk eksplorasi potensi kekayaan sumber daya hayati Indonesia, khususnya yang ada di laut dalam, demi kemajuan negara maritim kawasan Asia Tenggara, Indonesia.

Seluruh peserta yang diundang dan hadir pada kegiatan penandatanganan perjanjian
kerjasama antara PPLD LIPI dan SITH ITB (01/04/2021)

Berita Terkait

EnglishIndonesia