Penanganan Pascapanen Produk Hortikultura di PT. Bimandiri Agro Sedaya

Bandung Barat, sith.itb.ac.id – Mahasiswa dari program studi Teknologi Pasca Panen SITH ITB yang mengambil mata kuliah Laboratorium Pascapanen I : Eksperimental (PP3106) telah melaksanakan kegiatan kuliah lapangan yang dilaksanakan pada tanggal 1 Desember 2018. Kegiatan rutin yang dilaksanakan tersebut mengunjungi PT. Bimandiri Agro Sedaya yang berada di Jalan Panorama No. 54, Haur Pungkur, Kayuambon, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan kuliah lapangan ini diikuti oleh 32 mahasiswa dengan di dampingi oleh dosen pengampu yakni Dr. Rijanti Rahaju Maulani dan Dr. Atmawi Darwis beserta 5 orang asisten praktikum. Perusahaan ini bergerak di bidang Agrotrading, yaitu memasok berbagai jenis sayur dan buah segar (hortikultura) untuk kebutuhan pasar modern (supermarket) seperti Carrefour, Hypermart, Lottemart, Giant-Hero, Market City, Ramayana, Aeon, dan SaveMax yang berada di wilayah Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten.

Perusahaan ini dirintis sejak tahun 1994 oleh alumni Fakultas Pertanian UNPAD, Pak Pepen. Keinginan untuk memiliki usaha sendiri mendorong Pak Pepen untuk membentuk PT. Bimandiri sebagai wadah wirausaha. Pada awalnya, PT. Bimandiri memiliki nama CV. Bimandiri. Namun, pada tahun 2013, perusahaan ini telah berkembang dan berubah nama menjadi PT. Bimandiri Agro Sedaya. Perusahaan ini mendapat pasokan sayur dan buah dari petani sekitar daerah Lembang dan mendistribusikannya ke supermarket atau restaurant di daerah Bandung dan sekitarnya.

Pada kuliah lapangan ini dijelaskan kepada mahasiswa tentang alur dari proses receiving, handling (pengolahan dasar, pengemasan, pemilahan, pengepakan), hingga pengiriman produk ke supermarket. Secara secara umum perusahaan ini masih menggunakan teknologi semi mekanik di mana pekerja menggunakan alat-alat sederhana, namun penanganan produk hortikultura yang dihasilkan dalam kondisi yang masih segar dan memiliki kualitas yang baik sehingga dapat bersaing di pasar modern. Dari kegiatan kulap ini, mahasiswa dapat mengetahui dan memahami bagaimana proses penanganan pascapanen produk hortikultura yang tepat sehingga sampai ke konsumen dalam keadaan yang baik dan berkualitas.

Berita Terkait

IndonesiaEnglish