Pengabdian nyata Agrapana ITB melalui Program Hibah Bina Desa Dikti

Penulis: Sri Supriadi

 

Gambar 1. Alur Program Kegiatan

SITH.ITB.AC.ID, BANDUNG – Himpunan Mahasiswa Rekayasa Pertanian ‘Agrapana’ ITB melakukan sebuah pengabdian nyata melalui Program Hibah Bina Desa Dikti yang bertujuan untuk menaikan pendapatan masyarakat dusun Cibacang. Kegiatan ini merupakan community development yang tujuan jangka panjangnya yaitu menjadikan desa Cibacang menjadi desa mandiri dan masyarakat dusun Cibacang menjadi sentra pengolahan kopi dari hulu sampai ke hilir yang terkenal dan memiliki kualitas kopi terbaik. Sehingga petani kopi disana menjadi sejahtera dan anak-anak petani disana mau melanjutkan pekerjaan orang tuanya karena berpenghasilan yang menjanjikan.

Tujuan yang telah diuraikan diatas akan terwujud yaitu dengan membantu proses pengolahan pasca panen kopi dan lebah madu. Pengolahan pasca panen kopi agar menghasilkan kualitas kopi yang premium dihasilkan dengan bantuan alat-alat yang memadai. Oleh karena itu, dibutuhkan alat-alat untuk mengolah kopi. Teh cascara merupakan teh yang berasal dari kulit buah kopi yang telah dikeringkan. Pengolahan kopi ini menggunakan prinsip “Biorefinery” sehingga tidak ada bagian buah kopi yang terbuang. Lebah madu membantu proses penyerbukan pada kopi sehingga produktivitas kopi meningkat.

Berikut Alur program kegiatan dan Sistem Integrasi Pengolahan Produk Pascapanen Tani-Ternak (Kopi-Lebah Madu) dengan Konsep Biorefinery:

Gambar 2. Sistem Integrasi Pengolahan Pasca Panen Kopi-Lebah Madu

Program kegiatan diawali dengan sosialisasi kepada kelompok tani Mekar Barokah, pemerintahan Sidang Sari. Setelah sosialisasi program diadakan kegiatan pelatihan mulai dari pelatihan manajemen kelompok tani sampai pelatihan pemasaran produk pasca panen. Pelatihan mengundang pihak desa dan balai pertanian daerah. Selain pelatihan, kelompok tani juga didampingi untuk mengaplikasikan hasil dari pelatihan serta menghubungkan kelompok tani dengan berbagai mitra yang untuk melakukan pemasaran produk pasca panen mereka.

Sampai saat ini luaran dari program hibah bina desa tersebut dapat dilihat melalui akun media sosial instagram @phbditb.

Berita Terkait

EnglishIndonesia