Prodi Rekayasa Pertanian SITH-ITB Menerima Kunjungan International Agriculture Outreach Program dari UPM Malaysia Serawak

Ditulis oleh : Mocahamad Firmansyah (Asmik Rekayasa Pertanian)

Bandung, sith.itb.ac.id – Prodi Rekayasa Pertanian menerima kunjungan persahabatan dari Universiti Putra Malaysia (UPM) Serawak pada Senin, 09 April 2019 di Ruang Rapat II, Labtek I A kampus ITB Jatinangor. Prodi Rekayasa Pertanian ITB menjadi salah satu di antara sekian destinasi kunjungan yang dilakukan oleh rombongan dari UPM Serawak ke area sekitar Bandung Raya. Sebelumnya, 13 orang rombongan yang terdiri dari 3 orang dosen dan 10 orang mahasiswa tingkat sarjana dan magister tersebut telah melakukan kunjungan ke prodi Magister Bioteknologi di Kampus ITB Ganesha. Dr. Shafinah selaku pimpinan rombongan yang juga staff pengajar dari Faculty of Agriculture and Food Science UPM menuturkan bahwa rangkaian kunjungan “International Agriculture Outreach Program” tersebut merupakan sebuah inisiasi dalam membuka jejaring dengan instansi-instansi yang berkaitan dengan bidang pertanian yang dikembangkan di UPM Serawak.

Foto bersama UPM dengan Rekayasa Pertanian ITB

Kegiatan kunjungan yang dilakukan oleh UPM disambut dengan hangat oleh dosen dan civitas akademika lainnya di lingkungan Rekayasa Pertanian ITB. Acara diawali dengan sambutan dan pemaparan mengenai Program Studi Rekayasa Pertanian ITB secara umum oleh Dr. Mia Rosmiati selaku Ketua Program Studi Rekayasa Pertanian ITB. Acara dilanjutkan dengan diskusi santai mengenai sistem pedidikan, kurikulum, kegiatan kemahasiswaan, riset, dan informasi lain terkait dengan kedua instansi (ITB dan UPM), sembari menikmati panganan khas Sumedang yang tersaji di dalam ruangan. Salah satu bahasan diskusi yang menarik dan menjadi highlight pada pertemuan tersebut adalah mengenai penerapan konsep integrated farming system, precision farming, dan sustainable agriculture sebagai isu hangat terkini yang juga sedang dikembangkan oleh kedua pihak.

 

Suasana Diskusi Kunjungan UPM Serawak ke Prodi Rekayasa Pertanian ITB

Usai berdiskusi, acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan pemberian cinderamata dari UPM kepada Rekayasa Pertanian ITB dan sebaliknya. Sebagai cinderamata dari SITH ITB, Dr. Ima Mulyama Zainuddin (Perwakilan Humas SITH ITB) menyerahkan “Journal of Biological Science, Technology and Management – 3Bio”  yang diterbitkan oleh SITH ITB. Rangkaian kegiatan pada acara kunjungan dari UPM Serawak diakhiri dengan tour keliling museum Zoology dan Herbarium milik SITH ITB yang menyediakan berbagai spesimen hewan dan tumbuhan yang terbilang sangat beragam. Kegiatan keliling fasilitas museum tersebut didampingi oleh staff ahli kurator museum SITH, Ganjar Cahyadi, S.Si yang menjabarkan berbagai informasi seputar spesimen yang tersedia di sana.

Penyerahan Cinderamata dari masing-masing instantsi

Dr. Shafinah selaku pimpinan rombongan menuturkan bahwa kunjungan ke prodi Rekayasa Pertanian dan fasilitas di SITH ITB memberikan kesan dan informasi yang sangat berharga bagi rombongan dari UPM Serawak. Salah satu peserta mahasiswa UPM Serawak yang cukup fasih berbahasa Indonesia turut mengakui bahwa kunjungan yang dilakukan ke prodi Rekayasa Pertanian ITB ini sangat menyenankan dan suatu saat ingin kembali berkunjung jika ada kesempatan. Begitupun dari pihak Rekayasa Peranian ITB, Dr. Mia Rosmiati selaku Kaprodi sangat senang dapat menyambut rombongan dari UPM Serawak dan mendapatkan informasi yang berharga. Beliau juga berharap ke depan akan ada kelanjutan dari kunjungan persahabatan UPM Serawak dalam bentuk yang lain, seperti kerjasama riset, kunjungan ke UPM Serawak, dan lain-lain.

 

 

 

 

 

 

 

Berita Terkait

IndonesiaEnglish