Sharing Kerja Praktik Himabio ‘NYMPHAEA’ ITB 2019

Penulis: Rovika Nur Fitri (10616020)

BANDUNG, SITH.ITB.AC.ID – Pada Sabtu, 21 September 2019, program studi Biologi bekerjasama dengan Himabio “Nymphaea” ITB mengadakan acara Sharing Kerja Praktik 2019. Tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk wadah inspirasi atau referensi bagi mahasiswa biologi angkatan 2017 dan seterusnya dalam memilih tempat kerja praktik pada tahun ajaran berikutnya, wadah bagi mahasiswa yang telah mengambil kerja praktik untuk melakukan bimbingan bersama dosen, dan wadah bagi dosen untuk memberi komentar, masukan atau saran kepada mahasiswa.

Kegiatan ini dihadiri mahasiswa Biologi ITB angkatan 2016 dan 2015 yang bertindak sebagai presenter, yang membagikan ilmu dan pengalamannya selama melaksanakan kerja praktik kepada rekan seangkatan dan adik tingkatnya, angkatan 2017 dan 2018. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh Dr. Rina Ratnasih Pumamahati, ibu Andira Rahmawati S.Si.,M.Si, dan bapak Husna Nugrahapraja, Ph.D. selaku dosen koordinator mata kuliah Kerja Praktik 2019.

Acara sharing kerja praktik terdiri dari penjelasan mengenai penilaian dan laporan kerja praktik oleh dosen coordinator kerja praktik 2019 dan presentasi pengalaman kerja praktik serta sesi tanya jawab. Sebanyak 5 mahasiswa biologi 2015 dan 69 mahasiswa biologi 2016 telah melaksanakan kerja praktik antara bulan Juni hingga Agustus 2019 di berbagai instansi yang berhubungan dengan bidang biologi, baik di dalam maupun luar negeri. Instansi yang menjadi tempat kerja praktik mahasiswa Biologi angkatan 2015 dan 2016 antara lain: Aging and Metabolism Research Laboratory,  Balai Lab. Kesehatan Prov. Jawa Barat, Balai Riset dan Standardisasi Industri Surabaya, Bandung Fertility Centre, Batu Secret Zoo, BB Biogen, BioFarma, Biotec, BPOM Bali, BPOM Bandung, BPPT, CI Indonesia, CiRA, CRU Sampoiniet Aceh Jaya, eFishery, Eijkman, Gelora Rempah Inti Indonesia, InaCC LIPI Bogor, Kebun Raya Bali, Kebun Raya Bogor, KPBS Pengalengan, Laboratorium DNA Pusdokkes, Laboratorium RS Pendidikan UNPAD, Little Fireface Project, Museum Geologi, Nusa Dua Reef Foundation, PT Aquatic Marine, PT Jakarta Aquarium, PT Riau Andalan Pulp and Paper, PT Sababay Industry, PT Vale Eksplorasi Indonesia (Sumbawa Timur Mining), PT Vopak Indonesia, Pustlitbang Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan, Vanaya Neurolab, Yayasan IAR Indonesia, dan Zoo Society London Indonesia.

Dengan diadakannya acara sharing kerja praktik ini diharapkan dapat menjadi referensi dan pertimbangan bagi mahasiswa jurusan Biologi angkatan 2017, 2018, yang selanjutnya akan mengambil mata kuliah Kerja Praktik.

 

Berita Terkait

IndonesiaEnglish