SOSIALISASI PENGELOLAAN KHDTK HUTAN PENDIDIKAN GUNUNG GEULIS

Penulis : Dr. Yayat Hidayat

SITH.ITB.AC.ID, BANDUNG – Hari Kamis 8 Maret 20018, SITH telah menyelenggarakan acara Sosialisasi Pengelolaan KHDTK Hutan Pendidikan Gunung Geulis kepada para pihak (stake holder) di sekitar Gunung Geulis Kabupaten Sumedang. Acara tersebut dilaksanakan di Ruang Seminar Gedung Labtek IA, Kampus ITB Jatinangor. Acara sosialisasi dihadiri oleh sekitar 60 peserta yang datang dari delapan desa di sekitar Gunung Geulis, yaitu Desa Jatiroke, Jatimukti, Cisempur, Mangunarga, Sawahdadap, Cikahuripan, Raharja dan Cinanjung. Peserta yang hadir terdiri dari unsur pemerintahan desa, muspika kecamatan Jatinangor, Cimanggung dan Tanjungsari, Forum Komunikasi Gunung Geulis, serta kelompok tani yang tergabung dalam LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) Gunung Geulis.

Acara sosialisasi tersebut dipandu oleh Dr. Yayat Hidayat dan Dr. Mulyaningrum, dimulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Pada acara sambutan, Dekan SITH, Prof. Dr. Nyoman Pugeg Aryantha menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan dari para pihak masyarakat sekitar Gunung Geulis dan mengajak mereka untuk bersama-sama merawat dan menjaga KHDTK Gunung Geulis agar tetap lestari. “ ITB telah menerima amanah dari pemerintah melalui KLHK untuk mengelola KHDTK Hutan Pendidikan Gunung Geulis seluas 338,31 ha yang terletak di Kabupaten Sumedang. SITH telah diberi amanah oleh Rektor ITB untuk melakukan pengelolaan KHDTK Hutan Pendidikan Gunung Geulis ini dengan baik dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan di sekitarnya”, katanya. Sambutan kedua diberikan oleh wakil dari masyarakat sekitar Gunung Geulis, disampaikan oleh Kapolsek Jatinangor, Pak Kuswadi. Beliau menyampaikan dukungan dan menyambut baik ITB sebagai pengelola KHDTK Hutan Pendidikan Gunung Geulis, serta berharap Gung Geulis dapat memberikan fungsi lindung bagi kehidupan masyarakat di sekitarnya.

Sebelum memasuki acara materi pokok sosialisasi, acara diselingi dengan yel-yel gunung Geulis yang diteriakan seluruh peserta sehingga membuat suasan menjadi ceria dan lebih semangat. “Gunung Geulis… Siap Bina Sauyunan !!! ”, begitulah Yel-yel Gunung Geulis. Materi pokok sosialisasi pengelolaan KHDTK Hutan Pendidikan Gunung Geulis disampaikan oleh Dr. Endang Hernawan dan Dr. Hikmat Ramdhan. Pada kesempatan tersebut Dr. Endang menjelaskan SK Menteri LHK no Sk.633/Menlhk/Setjen/PLA.4/11/2017 tentang Penetapan KHDTK sebagai Hutan Pendidikan seluas 338,31 ha pada Kawasan Hutan Lindung Gunung Geulis di Kecamatan Tanjungsari, Cimanggung dan Jatinangor, Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat. Sedngkan Dr. Hikmat menjelaskan mengenai Strategi Pengelolaan KHDTK Hutan Pendidikan Gunung Geulis.

Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanggapan dari peserta. Tanggapan pertama disampaikan oleh Ketua Forum Komunikasi Gunung Geuis, pak Saepudin kemudian diikuti oleh para penagggap lainnya antara lain dari Sekretaris Camat Cimanggung, Sekretaris Camat Tanjung sari, Kepala Desa Sawahdadap, Wakil KKPH Sumedang, Ketua LMDH Cikahuripan, Raharja dan Jatimukti. Pada umumnya merke menyambut baik ITB menjadi pengelola Gunung Geulis dan berharap dapat mendatangkan manfaat bagi lingkungan dan perekonomian masyarakat. Acara sosialisasi ditutup dengan acara foto bersama dan makan siang.

Berita Terkait

IndonesiaEnglish