Summer School Program 2018 “ Sustainable Forestry for Natural Product Improvement”

Penulis : Dr. Dian Rosleine

Kegiatan summer schoolSITH 2018 dengan bertema “Sustainable Forestry for Natural Product Improvement” dilaksanakan pada tanggal 6-18 Agustus 2018. Program ini dapat dijadikan sebagai credit earninguntuk mahasiswa dengan mengikuti Mata Kuliah Kapita Selekta Kehutanan (BW-4208) yang setara dengan 2 SKS. Selama mengikuti program ini, mahasiswa akan mendapatkan materi di kelas dari ahli yang terkait dengan bidang kehutanan, bioteknologi hasil hutan, dan teknologi yang digunakan untuk memanfaatkan hasil hutan secara berkelanjutan. Dosen SITH, Dosen dari Korea, Jepang, Balai Besar Pulp dan Kertas, industry (PT. SABA), dan Zoological Society of Londonsebagai perwakilan NGO memberikan materi yang terbagi dalam 14 pertemuan. Selain itu, kunjungan industri ke Mycotech dan PT. SGS akan dilakukan untuk memberikan wawasan mengenai industi hasil hutan di Indonesia. Kuliah lapangan ke Gunung Geulis dan Gunung Kareumbi akan melengkapi kegiatan ini untuk melihat pengelolaan hutan bersama masyarakat dan memberikan gambaran mengenai hutan tropis di Jawa Barat.

Program ini diikuti oleh 21 peserta yang berasal dari Korea (5 orang), Jepang (2 orang), Malaysia (7 orang), dan Indonesia yang berasal dari ITB, Universitas Indonesia, dan Universitas Ahmad Dahlan. Dosen dari luar negri yang terlibat adalah Prof. Eizi Suzuki (Kagoshima University), Prof. Kim Young Kyoon (Kookmin University), Prof. Kim. Hyoung Jin (Kookmin University), dan Prof. Toshihiro Yamada (Hiroshima University).

Acara ini terselenggara atas dukungan dari World Class University ITB, PT. Gaia Eko Daya Buana, Flora dan Fauna Internasional –Indonesia, Ikatan Alumni SITH, dan Bank Jabar cabang TamanSari.

Berita Terkait

EnglishIndonesia