Tim Mahasiswa Mikrobiologi SITH Meraih JUARA 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Online Tingkat Nasional (LKTIM OTN) 2020

BANDUNG, SITH ITB – Tim Mahasiswa dari Prodi Sarjana Mikrobiologi SITH ITB berhasil meraih Juara 1 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Online Tingkat Nasional (LKTIM OTN) 2020. Tim ini terdiri dari tiga mahasiswa yakni Joddi Jonatan Prasetya Rahaju (NIM 10417030) sebagai ketua tim, sedangkan dua anggotanya ialah Nicholas Yamahoki (NIM 10417030) dan Ihsan Fauzan (NIM 10417030). Kompetisi ini diselenggarakan oleh Universitas Brawijaya, Malang.

Berangkat dengan membawa judul “RAPID TEST MENGGUNAKAN SAMPEL AIR LIUR UNTUK DETEKSI AWAL COVID-19”, tim ini berhasil menyingkirkan peserta lain dari berbagai perguruan tinggi lainnya. Walaupun sempat minder ketika melihat judul-judul karya tulis dari peserta lainnya, mereka tetap yakin dan “menyusun strategi untuk bisa meyakinkan orang lain (juri)”, ujar Nicholas. Menambahkan apa yang disapaikan oleh Nicholas, Joddi menyampaikan bahwa dalam mengikuti kompetisi ada hal yang perlu diingat yakni “Setiap karya penelitian semua anak SITH ITB itu BAGUS dan berpotensi MENANG” asalkan kita semua harus “BERANI memastikan target, BERANI mengambil kesempatan, dan BERANI memperjuangkan sampai sukses”, tambah Joddi.

Kompetisi nasional yang diselenggarakan secara daring ini sangatlah menarik bagi seluruh anggota tim serta memberikan pengalaman baru bagi mereka. Selain itu, dengan mengikuti kompetisi ini, anggota tim merasakan manfaat yang besar karena tertantang untuk berpikir kritis dan mempertajam kemampuan analisis masalah sehingga melahirkan inovasi baru yang bermanfaat. Nicholas pun juga memberikan sedikit pesan kepada teman-teman mahasiswa yang hendak mengikuti kompetisi serupa, “Awali dari analisis masalah yang jelas, mendalam, dan relevan. Sehingga inovasi yang diajukan tidak sekedar inovatif tetapi juga solutif. Sama halnya dengan mikroba, interaksi yg sinergis antarmikroba membuat mereka lebih kuat”. Dalam upaya melahirkan suatu karya maupun ide yang lebih berwarna dan solutif hendaknya kita “harus berkolaborasi, bisa berkolaborasi dengan mahasiswa yang memiliki latar belakang non-biologi”, tambah Nicholas.

SITH mengucapkan selamat dan mengapresiasi setinggi-tingginya atas prestasi yang didapat oleh tim mahasiswa mikrobiologi, Joddi, Nicholas, dan Ihsan. Semoga menjadi inspirasi dan motivasi untuk seluruh mahasiswa ITB, khususnya SITH.

 

Selasa, 15 September 2020 – Jayen A. Kriswantoro

Berita Terkait

EnglishIndonesia