Tim SITH-ITB Berhasil Meraih Juara III dalam Acara Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Mechanical Engineering Expo 2019 Di Universitas Negeri Jakarta

Penulis : Rohyani

Tiga orang mahasiswa Biologi SITH ITB angkatan 2016 (Rohyani, Indah Nurharuni dan Syahril Sulaiman) yang tergabung dalam satu tim berhasil meraih juara III di LKTIN MEE 2019 UNJ. Lomba tersebut diadakan oleh BEM teknik mesin UNJ dengan mengusung tema “Inovasi Generasi Milenial dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0”. Terdapat 6 subtema yaitu teknologi, entrepreneur, naturan science, pendidikan, energi terbarukan dan sosial-budaya. Lomba tersebut berlangsung selama 2 hari (11-12 Desember 2019) dan merupakan acara puncak dari rangkaian expo mesin yang diadakan oleh BEM mesin UNJ. LKTI ini diikuti oleh lebih dari 60 universitas di Indonesia dengan 120 lebih karya tulis yang diikutsertakan. Tim SITH ITB berhasil lolos 10 besar finalis dan diminta untuk mempresentasikan karya tulisnya.

Meskipun dari subtema yang minoritas, tim SITH-ITB dengan percaya diri mempresentasikan penelitian mengenai rekayasa genetik pada tanaman dan memperkenalkan teknologi in silico dari keilmuan biologi yang juga berkembang di era industri 4.0 ini. Penelitian dilakukan dengan memanfaatkan big data dari genBank dan perangkat lunak berbasis bioinformatika. Melalui ini diharapkan masyarakat selain dari keilmuan hayati dapat lebih terbuka dan mengembangkan bersama teknologi rekayasa genetik, bioinformatik dan biologi sintetik secara multidisiplin ilmu.

Berita Terkait

EnglishIndonesia