VIRTUAL EXHIBITION P101 – WEBINAR SITH “Biodiversity and Beyond”

BANDUNG, SITH.ITB.AC.ID – Dalam rangka berpartisipasi dalam Virtual Exhibiton P101 yang diselenggarakan oleh ITB, SITH menyelenggarakan webinar dengan tema “Biodiversity and Beyond” pada Kamis-Jumat, 1-2 Juli 2021, pukul 09.00 – 11.00 WIB yang dikoordinir oleh Ibu Dr. Fenny M. Dwivany yang berasal dari KK Genetika dan Bioteknologi Molekuler SITH ITB.

Pada webinar tersebut terdapat tiga dosen SITH di setiap harinya yang memaparkan berbagai hasil penelitian yang telah dilakukan. Pembawa acara pada webinar kali ini adalah Bapak Ganjar Cahyadi yang merupakan kurator Museum Zoologi ITB serta sekaligus bertugas pada hari pertama dan kedua. Sedangkan untuk moderator, pada hari pertama Bapak Dr. Ir. Aos, MP yang bertugas, sedangkan di hari kedua Ibu Dr. Alfi Rumidatul, M.Si. lah yang bertugas.

Daftar pembicara sekaligus topik yang disampaikan pada webinar hari pertama adalah sebagai berikut:

  1. Prof. Dr. Pingkan Aditiawati – KK Bioteknologi Mikroba
    “Teknologi Fermentasi untuk Peningkatan Kualitas Rasa dan Tekstur Produk Berbasis Tanaman”
  2. Dr. Elham Sumarga – KK Ekologi
    “Hydrological and Economic Effects of Oil Palm Cultivation in Indonesia Peatlands”
  3. Dr. M. Yusuf Abduh – KK Agroteknologi & Teknologi Bioproduk
    “Valorasi Sumber Daya Hayati Menggunakan Konsep Biorefinery”

Sedangkan daftar pembicara sekaligus topik yang disampaikan pada webinar hari kedua dapat dilihat pada daftar di bawah ini.

  1. Dr. Rizkita Rachmi Esyanti – KK Sains & Bioteknologi Tumbuhan
    “Teknologi Kultur Jaringan Menggunakan Bioreaktor untuk Ketahanan Pangan Produk Berbasis Tumbuhan”
  2. Dr. Eng. Isty A. Purwasena – KK Bioteknologi Mikroba
    “Teknologi Baru dalam Pemanfaatan Biosurfaktan sebagai Agen Antibiokorosi yang Ramah Lingkungan”
  3. Rudi Dungani, Ph.D. – KK Teknologi Kehutanan
    “Invensi Produk Kayu Lapis Hibrid dari Serat Kelapa Untuk Komponen Rumah Tahan Gempa dan Tahan Api”

Judul-judul paparan yang sangat menarik, berhasil mendatangkan peserta dalam Room Zoom sebanyak 183 orang pada hari pertama dan 151 orang di hari selanjutnya. Peserta sangat lah antusias dalam menyimak serta memanfaatkan sesi diskusi dengan pembicara-pembicara yang ahli pada bidangnya.

Tidak hanya berasal dari civitas akademika ITB, peserta webinar ini berasal dari berbagai instansi lain seperti kampus lain baik di Pulau Jawa maupun wilayah lainnya dari seluruh Indonesia. Pemaparan dan topik yang menarik dari pembicara mendapatkan penilaian rata-rata lebih dari 9 poin (maksimal 10 poin) dari peserta webinar.

Bagi Bapak Ibu dan rekan-rekan semuanya yang belum memiliki kesempatan hadir pada kegiatan kami kemarin, video rekaman webinar dapat diakses pada Youtube SITH ITB Official (https://bit.ly/youtubeSITH).

Semoga berbagai ilmu dan teknologi yang disampaikan pada webinar memberikan manfaat yang lebih kepada seluruh peserta yang hadir. Tentu besar harapan untuk terus majunya pendidikan tinggi teknik di Indonesia. SITH sebagai salah satu fakultas/sekolah yang ada di institut teknologi, siap untuk berpartisipasi dalam memajukan kualitas pendidikan tinggi teknik di Indonesia melalui berbagai aspek yang ada di dalam Tridharma Perguruan Tinggi yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Berita Terkait

EnglishIndonesia