Vita Ika dan Alby Arjani (TPP’15) Juara Harapan 1 1st Essay Competition Pondok Riset dan Literasi 2019 

Vita Ika dan Alby Arjani (TPP’15) Juara Harapan 1 1st Essay Competition Pondok Riset dan Literasi 2019 (31/03/19).

1st Essay Competition Pondok Riset dan Literasi Citra Pilar Management merupakan ajang kompetisi ide, gagasan, dan inovasi mahasiswa se-Pulau Jawa. Tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah “Inovasi Pemuda Bagi Pembangunan Bangsa di Era Milenial”. Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi Vita dan Alby sebagai generasi muda untuk berperan dalam memberikan suatu gagasan dan inovasi sebagai wujud nyata untuk mendukung pembangunan bangsa. Inovasinya mendapatkan penghargaan sebagai Juara Harapan 1 yang mengangkat sub tema kesehatan di era generasi millenial. Inovasi yang mendukung pola hidup sehat generasi milenial dalam mengkonsumsi pangan segar.
1st Essay Competition Pondok Riset dan Literasi Citra Pilar Management (31/03/19) dilaksanakan di Aula Wisma 2 Universtas Terbuka, Tanggerang Selatan, Banten. Kegiatan tersebut diikuti oleh 10 besar Grand finalis yang diantaranya merupakan beberapa mahasiswa perguruan tinggi se-Pulau Jawa.

besar Grand Finalis 1st Essay Competition Ponok Riset dan Literasi Citra Pilar Management 2019

Inovasi yang dihadirkan yaitu “Mantis, Spray Antiseptik Praktis dari Ekstrak Daun Kemangi dan Daun Jeruk Purut”. “Mantis” merupakan inovasi yang mendukung pola hidup sehat masyarakat di era milenial untuk dapat mengkonsumsi pangan segar khususnya buah dan sayur di setiap aktivitasnya. Mantis memberikan keamanan dalam mengkonsumsi buah segar yang bersih dri kontaminasi mikroba dan residu pestisida sehingga aman bagi kesehatan. Inovasi dibuat dalam bentuk spray antiseptik praktis yang dapat diaplikasikan langsung pada buah segar dan kemudian dapat di lap menggunakan tisu atau lap.

Presentasi Essay Competition Mantis, spray antiseptik praktis (31/03/19).

Masalah keamanan bah-buahan diakibatkan oleh tingginya kontaminasi residu pestisida, mikroba dan sebagainya. Masalah kesehatan akibat kontaminasi residu pestisida bersifat akumulatif, sehingga tidak dapat dideteksi dalam waktu dekat. Sedangkan masalah kesehatan akibat cemaran mikroba dapat berdampak langsung seperti muntah, diare, hingga keracunan.
Mantis merupakan spray antiseptik yang terbuat dari bahan alami ekstrak daun kemangi dan ekstrak daun jeruk purut yang mengandung seyawa aktif Eugenol dan Methanol. Senyawa aktif yang terkandung dalam kedua bahan alami tersebut secara efektif mampu menghambat pertumbuhan mikroba juga mampu meminimalisir bahaya residu dan pestisida.

Mantis sebagai solusi kesehatan dan keamanan dalam pola hidup sehat konsumsi buah dan sayur segar
Dengan inovasi nya tersebut (Mantis) Vita dan Alby berusaha untuk mewujudkan tujuannya dalam rangka pembangunan bangsa. Memberikan kemudahan masyarakat dalam mengkonsumsi buah-buahan dan sayur segar secara langsung agar terhindar dari kontaminasi residu pestisida dan mikroba. Selain itu, tujuan lainnya yaitu membentuk pola hidup (lifestyle) masyarakat yang sehat dengan mengkonsumsi buah-buahan atau sayur segar disetiap aktivitasnya.

Berita Terkait

IndonesiaEnglish