Webinar Menghayati Ragam Flora Nusantara dengan Ilustrasi Botani

WEBINAR, SITH.ITB.AC.ID – Kelompok Keilmuan Ekologi (KK-EKO) telah menyelenggarakan Webinar Series ketiga pada tanggal 7 November 2020 dengan tema Menghayati Ragam Flora Nusantara dengan Ilustrasi Botani. Kegiatan webinar ini dilaksanakan melalui video conference Zoom Meeting dan livestreaming kanal YouTube SITH ITB. Narasumber kegiatan ini adalah dosen anggota KK EKO yaitu Dr. Ichsan Suwandhi, dengan moderator Sartika Indah Amalia Sudiarto, Ph.D. Sebanyak 374 orang yang terdaftar dalam acara ini berasal dari seluruh wilayah Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua dengan dominasi peserta adalah mahasiswa, dosen, siswa, guru, dan ASN di tingkat kedinasan serta organisasi seni botani.

Acara ini dibuka dan disambut oleh Dekan SITH ITB, Dr. Endah Sulistyawati yang kemudian dilanjutkan dengan opening speech dari Ketua KK Ekologi, Prof. Dr. Tati S. Syamsudin yang menceritakan tentang sejarah, kiprah, dan sepak terjang KK Ekologi. Selanjutnya, acara ini dilanjutkan peaparan dari Dr. Ichsan Suwandhi. Acara ini terbagi ke dalam dua sesi, sesi pertama yaitu webinar memaparkan materi yang menceritakan tentang keanekaragaman flora di kawasan Nusantara dan kaidah-kaidah dalam ilustrasi botani.

Pada sesi kedua, dilaksanakan workshop praktik ilustrasi botani. Dr. Sesi kedua ini dilaksanakan dengan memutar video hasil rekaman pembuatan ilustrasi botani dengan menggunakan sampel spesies Youngia japonica dari Suku Asteraceae. Sembari memutar video rekaman hasil ilustrasinya, Dr. Ichsan memandu Langkah demi langkah pembuatan ilustrasi botani mulai dari sketsa awal, pembuatan daun dengan uratnya, hingga bagian bunga-buah. Setelah itu, Dr. Ichsan pun mengajak interaksi para peserta sesi workshop dengan meminta sejumlah peserta untuk memperlihatkan hasil ilustrasi botaninya. Di saat itu, Dr. Ichsan memberi masukan-masukan terhadap hasil ilustrasi buatan para peserta.

Dalam paparan penutupnya pada workshop ini Dr. Ichsan menyampaikan harapannya kepada seluruh peserta untuk selalu menyempatkan diri dalam menghayati beragam flora nusantara ini dengan menggambarkannya menjadi ilustrasi botani yang selain dapat meningkatkan pemahaman si penggambar terhadap tumbuhan yang difgambarnya, juga memberikan informasi dan pengetahuan kepada pihak lain, sehingga jenis-jenis tumbuhan akan selalu dapat dikenalkan dari generasi ke generasi.  Hal ini sebagai salah satu bentuk upaya melestarikan keragaman flora kita.

 

Ditulis oleh: Dr. Ichsan Suwandhi dan Reza Raihandhany Yus

Berita Terkait

EnglishIndonesia