Workshop “Connecting with People”

Penulis: Ima M. Zainuddin, Siti Nuraeni, Jam’ah Halid

SITH.ITB.AC.ID, BANDUNG – Untuk pertama kalinya, Ikatan Alumni (IA) Biologi-SITH mengadakan kegiatan workshop “Connecting with People” dengan melibatkan tiga alumni Biologi ITB, yaitu Deni Suherman (Biologi 91), Ezwar Roezzaman (Biologi 88), dan Djoko Andi P. Prasetija (Biologi 85), sebagai fasilitator dalam acara ini. Ketiganya telah berpengalaman lebih dari 15 tahun dalam hal bernegosiasi dan membangun relasi di perusahaan, sehingga sangat kompeten dalam memfasilitasi kegiatan ini.

Djoko Andi P. Prasetija selaku Ketua IA Biologi-SITH berkesempatan membuka acara workshop dengan menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini bertujuan utk meningkatkan kualitas atau memberikan nilai lebih kepada alumni SITH. Kegiatan ini juga memperoleh dukungan penuh dari SITH, sehingga pada awal acara, Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha, dekan SITH, berkenan memberikan sambutannya. Dalam sambutannya beliau menyatakan bahwa kerjasama antara SITH dan IA Biologi-SITH seperti ini sangat diapresiasi dan semoga ke depannya semakin ditingkatkan terutama untuk meningkatkan kualitas lulusan SITH.

Antusiasme peserta dalam mengikuti acara juga terlihat dari kehadirannya yang konsisten sejak pagi pukul 08.00 hingga sore hari pukul 17.00 WIB. Kegiatan workshop ini dihadiri oleh total 44 peserta, diantaranya enam ketua serta perwakilan seluruh himpunan (Himamikro “Archaea”, Himarekta “Agrapana”, HMH “Selva”, Himabio “Nymphaea”, HMRH, dan HMPP “Vadra”) dan delapan mahasiswa SITH, sembilan belas alumni dan umum, serta sebelas pengurus IA Biologi-SITH. Keseluruhan jumlah peserta memenuhi target panitia dan fasilitator acara, menunjukkan bahwa minat dan ketertarikan mahasiswa dan alumni SITH cukup tinggi untuk merasakan manfaat workshop ini.

Workshop dibagi ke dalam 7 sesi materi, yang terdiri dari: (1) Effective Communication Skills and Versatility dan (2) Personality, yang dibawakan oleh Ezwar Roezzaman; (3) Building Relationship dan (4) Discovering Need, yang dibawakan oleh Djoko Andi P. Prasetija; serta (5) Advocating and Handling Objection, (6) Supporting, dan (7) Presentation Technique yang dibawakan oleh Deni Suherman. Materi diberikan tidak hanya dalam bentuk presentasi, namun juga dalam berbagai role play yang menarik. Contohnya pada materi (1), seluruh peserta dibagi ke dalam dua tim kelompok dan keduanya diminta berkompetisi untuk menghasilkan produk terbaik dalam kualitas maupun kuantitas. Simulasi bersama ini telah berhasil menambah keseruan acara. Secara keseluruhan, materi yang disajikan memang sengaja disusun dan dibawakan untuk mempertajam soft skill khususnya mahasiswa dan alumni SITH dalam komunikasi.

Sepanjang acara, workshop berjalan aktif dinamis dan menyenangkan, serta mendapatkan respon positif dari seluruh peserta. Berdasarkan hasil evaluasi yang diberikan oleh peserta acara di akhir sesi, 82% peserta berpendapat bahwa teknis acara workshop ini sudah sesuai dengan yang diharapkan, 78% berpendapat bahwa pengaturan dan ketepatan waktu sudah cukup bagus, 86% peserta setuju bahwa sarana sudah lengkap, 89% peserta menganggap pelayanan administrasi cukup memuaskan, serta 91% berpendapat bahwa pelayanan akomodasi dan konsumsi sudah sangat sesuai dengan kebutuhan.

Secara umum, 89% peserta menyetujui bahwa materi workshop yang diberikan telah sesuai dengan kebutuhan dan 81% peserta sepakat bahwa metode dan media telah disajikan secara menarik. Mengingat manfaatnya yang besar, sebagian besar peserta berharap supaya acara seperti ini diadakan lagi oleh IA Biologi-SITH dengan kualitas yang lebih ditingkatkan. Semoga kesuksesan acara ini dapat terus berulang dan memberikan dampak positif kepada lebih banyak mahasiswa dan alumni SITH ITB khususnya.

Berita Terkait

IndonesiaEnglish