Enter your keyword

SITH – ITB Menghibahkan Alat Pembuatan Arang dan Cuka Bambu  kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Cibugel,  Kecamatan Cibugel, Kabupaten Sumedang

SITH – ITB Menghibahkan Alat Pembuatan Arang dan Cuka Bambu kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Cibugel, Kecamatan Cibugel, Kabupaten Sumedang

SUMEDANG, SITH.ITB.AC.ID – 11 September 2021, Dosen Kelompok Keahlian Teknologi Kehutanan Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati Institut Teknologi Bandung (SITH-ITB) telah melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PM) dengan judul: “Pelatihan Produksi dan Aplikasi Arang dan Cuka Bambu untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Petani dan Pengrajin Mebel di Desa Cibugel, Kecamatan Cibugel, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa-Barat”. Kegiatan tersebut diikuti oleh Perwakilan Masyarakat Petani dan Pengrajin Mebel yang tergabung di dalam wadah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Cibugel dan perwakilan Guru SMK Agro Bina Dharma, Cibugel dari Jurusan Pertanian dan Perkebunan. Selain itu, kegiatan PM juga diikuti oleh empat orang mahasiswa Program Studi Teknologi Pasca Panen SITH-ITB sebagai peserta Mata Kuliah Umum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MKU MBKM). Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, Tim PM yang diketuai oleh Dr. Sutrisno, dengan anggota Eka Mulya Alamsyah Ph.D dan Dr. Asep Suheri, bermitra dengan Pemerintah Wilayah Kecamatan Cibugel, BUMDes Cibugel dan Koperasi Nata Alam Karsa, Yogyakarta.

Kegiatan PM dibuka secara resmi oleh Camat Cibugel (Drs. H. Nuryadin, M.Si) dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara hibah alat pembuatan arang dan cuka bambu dari SITH-ITB kepada Ketua BUMDes Cibugel (Jajat Sudrajat) yang bertempat di Balai Desa Cibugel.

Pembukaan Acara Pengabdian kepada Masyarakat oleh Camat Cibugel (Drs. H. Nuryadin, M.Si)

Penyampaian Hibah Alat Pembuatan Arang dan Cuka Bambu dari SITH-ITB yang diwakili oleh Ketua Kelompok Keahlian Teknologi Kehutanan SITH-ITB (Eka Mulya Alamsyah, Ph.D., foto depan kanan) kepada Ketua BUMDes Cibugel (Jajat Sudrajat, foto depan kiri) disaksikan oleh Perwakilan dari Koramil Kecamatan Cibugel (foto belakang paling kiri), Kepala Desa Cibugel (Tata, foto belakang kedua dari kiri), Camat Cibugel (Drs. H. Nuryadin, M.Si., foto belakang ketiga dari kiri), Perwakilan dari Koperasi Nata Alam Karsa (Djoko Santoso, foto belakang keempat dari kiri dan Ketua Panitia Pelaksana Pengabdian kepada Masyarakat Kelompok Keahlian Teknologi Kehutanan SITH-ITB (Dr. Sutrisno, foto belakang paling kanan)

Hibah alat pembuatan arang dan cuka bambu dari SITH-ITB kepada BUMDes Cibugel diharapkan dapat membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang, khususnya Kecamatan Cibugel dalam upaya mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat pedesaan akibat pandemi Covid-19. Alat tersebut akan digunakan oleh anggota BUMDes Cibugel sebagai sarana pelatihan dan alat utama di dalam perintisan usaha berbasis arang dan cuka bambu serta produk turunannya berskala industri rumah tangga di bawah binaan SITH-ITB.

Setelah acara pembukaan dan penandatanganan berita acara hibah alat pembuatan arang dan cuka bambu, peserta PM menuju ke lokasi workshop pelatihan pembuatan arang dan cuka bambu. Di lokasi workshop, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi dan diskusi terkait teknik pembuatan arang dan cuka bambu serta aplikasinya oleh Dr. Sutrisno dan peluang pasar produk arang dan cuka bambu serta produk turunannya oleh Aris Andrianto Utomo (perwakilan dari Koperasi Nata Alam Karsa, Yogyakarta). Setelah penyampaian materi, peserta pelatihan selanjutnya melakukan praktek pembuatan arang dan cuka bambu dengan menggunakan alat yang dihibahkan oleh Tim PM melalui SITH ITB dengan instruktur Ir. Edi Hernani (perwakilan dari Koperasi Nata Alam Karsa, Yogyakarta).

Foto bersama Peserta Pelatihan Pembuatan Arang dan Cuka Bambu serta Aplikasinya seusai Pembukaan Acara Pengabdian kepada Masyarakat Kelompok Keahlian Teknologi Kehutanan SITH-ITB oleh Camat Cibugel (Drs. H. Nuryadin, M.Si)

T im Pengabdian kepada Masyarakat Kelompok Keahlian Teknologi Kehutanan SITH-ITB yang diketuai oleh Dr. Sutrisno (foto keempat dari kiri) dengan anggota Eka Mulya Alamsyah, Ph.D (foto paling kiri) dan Dr. Asep Suheri (foto paling kanan) serta mahasiswa peserta MKU MBKM (foto kedua, ketiga dankelima dari kiri) berfoto di depan alat pembuatan arang dan cuka bambu yang dihibahkan oleh Tim Pengabdian kepada Masyarakat melalui SITH-ITB kepada BUMDes Cibugel

Penyampaian Materi Teknik Pembuatan Arang dan Cuka Bambu serta Aplikasinya oleh Dr. Sutrisno

Praktek Pembuatan Arang dan Cuka Bambu dengan Instruktur Ir. Edi Hernani dari Koperasi Nata Alam Karsa, Yogyakarta

Peserta pelatihan dari perwakilan BUMDes Cibugel dan perwakilan Guru SMK Agro Bina Dharma Cibugel sangat antusias di dalam mengikuti pelatihan. Hal tersebut ditunjukkan melalui diskusi yang hangat antara peserta dengan pemateri. Demikian pula kegiatan praktek pembuatan arang dan cuka bambu juga diikuti secara tekun dan penuh semangat oleh peserta hingga kegiatan berakhir. Kegiatan PM diakhiri dengan penyampaian sertifikat kepada peserta pelatihan oleh Ketua Kelompok Keahlian Teknologi Kehutanan SITH-ITB (Eka Mulya Alamsyah, Ph.D) dan selanjutnya ditutup secara resmi oleh Kepala Desa Cibugel (Tata).

Peserta Pengabdian kepada Masyarakat sangat antusias mengikuti materi pelatihan pembuatan arang dan cuka bambu serta aplikasinya yang disampaikan oleh pemateri dari SITH-ITB maupun Koperasi Nata Alam Karsa

Penyampaian Sertifikat kepada Peserta Pelatihan oleh Ketua Kelompok Keahlian Teknologi Kehutanan SITH-ITB (Eka Mulya Alamsyah, Ph.D)

Penutupan Acara Pengabdian kepada Masyarakat oleh Kepala Desa Cibugel (Tata)

Foto bersama Peserta Pelatihan Pembuatan Arang dan Cuka Bambu serta Aplikasinya dengan Panitia Pelaksana Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Kelompok Keahlian Teknologi Kehutanan SITH-ITB skema Bottom-up Tahun 2021

X