Enter your keyword

Pemanfaatan Biokonversi Limbah Sayuran oleh Lalat Tentara Hitam atau Black Soldier Fly (Hermetia illucens L.) untuk nutrisi hidroponik dan pakan ternak.

Pemanfaatan Biokonversi Limbah Sayuran oleh Lalat Tentara Hitam atau Black Soldier Fly (Hermetia illucens L.) untuk nutrisi hidroponik dan pakan ternak.

Tempat​: Bukit Sandy, Desa Mekarsaluyu, Kabupaten Bandung
Waktu​​: 07 Agustus 2021, pukul 08-00-15.00 WIB
Kelompok Keilmuan Agroteknologi dan Teknologi Bioproduk (KK-ATB) SITH ITB bekerja sama dengan petani sayuran di Desa Mekarsaluyu, Kabupaten Bandung dalam rangka implementasi kegiatan pengabdian masyarakat yang didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ITB dengan judul “Lindi hasil biokonversi limbah sayuran oleh Lalat Tentara Hitam, Hermetia illucens L. untuk nutrisi hidroponik sayuran di Mekarsaluyu, Kabupaten Bandung” dan “Biokonversi limbah panen sayuran oleh Lalat Tentara Hitam, Hermetia illucens L. di Mekarsaluyu, Kabupaten Bandung”.

Kegiatan pengabdian masyarakat tersebut masing – masing diketuai oleh Indrawan Cahyo Adilaksono, S.TP., M.Agr.Sc. dan Khairul Hadi Burhan, S.T., M.T. serta didukung oleh Dr. Agus Dana Permana, Muhamad Aldi Nurdiansyah, S.T. M.Si., dan Rizki Arifani, S.T. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memanfaatkan potensi limbah sisa panen sayuran yang tidak termanfaatkan oleh petani di Desa Mekarsaluyu dengan bantuan lalat tentara hitam (LTH) (Hermetia illucens L.) sebagai agen biokonversi limbah sayuran. Dalam proses budidaya lalat tentara hitam (LTH), limbah sayuran dapat dikonversi untuk menghasilkan air lindi dan larva LTH. Air lindi hasil biokonversi sayuran oleh LTH dapat digunakan sebagai pupuk organik cair (POC) untuk nutrisi hidroponik. Sedangkan, larva LTH dapat digunakan sebagai pakan unggas. Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang peserta yaitu dengan rincian 15 orang petani, 2 orang praktisi LTH, 3 orang alumni ITB, 5 orang pengusaha di bidang pertanian, dan 25 orang mahasiswa.

Pengabdian ini diharapkan menjadi langkah awal penerapan hasil penelitian yang dikembangkan oleh KK ATB khususnya pemanfaatan lalat tentara hitam untuk meningkatkan kesejahteraan petani dengan menghasilkan bioporoduk lainnya melalui penerapan sistem pertanian terintegrasi antara budidaya lalat tentara hitam, budidaya hidroponik, budidaya ayam dan bebek. Integrasi budidaya lalat tentara hitam dengan fasilitas hidroponik dan peternakan unggas tersebut diharapkan dapat menunjang kesejahteraan petani di Desa Mekarsaluyu.
Kegiatan ini merupakan salah satu dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan oleh SITH ITB.
Profile: Indrawan Cahyo Adilaksono, S.TP., M.Agr.Sc. dan Khairul Hadi Burhan, S.T., M.T.
Kegiatan ini didukung oleh @itb1920 dan @lppm_itb

X