Enter your keyword

Pengaplikasian Teknologi Tepat Guna untuk Produksi Ikan Nila  di DAS Citarum, Cianjur, Jawa Barat

Pengaplikasian Teknologi Tepat Guna untuk Produksi Ikan Nila di DAS Citarum, Cianjur, Jawa Barat

Tim Pengabdian Masyarakat ITB yang diketuai oleh Prof. Dr. Gede Suantika dan anggota tim Dr. Magdalena Lenny Situmorang beserta asisten sejak Juni-Desember 2021 telah melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat di Desa Cinangsi Kecamatan Cikalongkulon Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Tema yang diusung dalam pengabdian masyarakat kali ini adalah pengaplikasian teknologi tepat guna dalam bidang hayati untuk produksi ikan nila di DAS Citarum. 

Pada program pengabdian masyarakat ini dilakukan budidaya pembesaran ikan nila menggunakan sistem Zero water discharge (ZWD)-flow through dengan aplikasi suplementasi pakan sinbiotik. Kegiatan PM ini dilaksanakan bersama mitra lokal yaitu PT. Indohatchery Bina Insani Sejahtera di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, dengan hasil produk ikan nila yang unggul, memiliki pertumbuhan dan produktivitas yang baik, serta tingkat kesintasan dan ketahanan yang tinggi terhadap penyakit. 

Sistem ZWD-flow through merupakan sistem kombinasi antara Zero water discharge (ZWD) dengan flow-through yang diujicobakan pada dua kolam pembesaran (@25 ton) pada padat tebar 84 ekor/m3 selama 130 hari kultur. Setiap kolam pembesaran ikan nila dilakukan penambahan molase dengan penambahan produk probiotik setiap minggu. Performa pembesaran ikan nila dengan sistem ZWD-flow through dievaluasi setelah 130 hari kultur. Aplikasi sistem ZWD-flow through bersamaan dengan suplementasi pakan sinbiotik mengindikasikan potensi aplikasi teknologi tersebut sebagai alternatif solusi untuk meningkatkan manajemen mikroba dalam sistem budidaya ikan nila secara intensif pada skala industri yang lebih berkelanjutan. [Penulis: Syafira Rosefa]

 

X