Enter your keyword

Penyuluhan tentang kesehatan reproduksi remaja putri dan penyebab stunting pada anak di desa Sukajaya Sumedang

Penyuluhan tentang kesehatan reproduksi remaja putri dan penyebab stunting pada anak di desa Sukajaya Sumedang

Pada hari Kamis, tanggal 20 Juni 2024, Kelompok Keilmuan Fisiologi, Perkembangan Hewan dan Sains Biomedika (FPHSB), SITH ITB melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat di kantor/Balai desa Sukajaya, Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, dengan memberi penyuluhan mengenai masalah Kesehatan organ reproduksi pada remaja putri dan resiko akan menderita stunting. Penyuluhan dihadiri xx remaja putri desa Sukajaya terutama yang masih duduk di bangku SMP dan beberapa remaja putri yang sudah SMA maupun kuliah.  Penyuluhan juga dihadiri Kepala Desa Sukajaya (Bpk Sukana) ketua BPD, ketua penggerak PKK (Ibu Neneng) dan Sekretaris BPD. Kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan mulai jam 09.00 pagi tersebut dibuka oleh Kepala Desa Sukajaya Bpk Sukana didampingi dosen-dosen dan KK FPHSB SITH ITB.  Prof. Dr. Anggraini Barlian menjelaskan tentang pentingnya merawat organ reproduksi dan masalahnya, dan Prof. Dr. Marselina Irasonia Tan menjelaskan tentang stunting pada anak-anak dan beberapa penyebab yang bisa dihindari. Kegiatan Penyuluhan yang berlangsung hingga pukul 11.30 tersebut mendapat sambutan positif baik dari peserta remaja putri maupun Ibu Ketua penggerak PKK akan pentingnya pengetahuan-pengetahuan tersebut bagi masa depan masyarakat desa Sukajaya, terutama para remaja putri. Selain dosen anggota KK beberapa orang asisten mahasiswa juga ikut hadir dalam acara tersebut dan memberikan acara selingan berupa pemberian kuis untuk mengingatkan Kembali tentang pentingnya merawat organ reproduksi pada remaja putri. Kegiatan PkM dikoordinasikan oleh Dr. Sony Heru Sumarsono.

Disamping itu Dr. Lulu L. Fitri dengan sekelompok asisten melakukan pengukuran gelombang otak (electro encephalogram/EEG) pada beberapa orang anggota Masyarakat untuk memantau perkembangan stress yang didertia anggota Masyarakat tersebut akibat gempa yang menimpa Sumedang pada januari 2024 yang lalu dan stress kronis yang diderita beberapa orang yang sudah terdeteksi sebelumnya.

KK FPHSB SITH ITB memiliki 10 orang dosen yaitu: Prof. Dr. Anggraini Barlian, Prof. Dr. Marselina Irasonia Tan, Prof. Dr. Tjandra Anggraeni, Dr. Sony Heru Sumarsono, Dr. Ayda T. yusuf, Dr. Ir. Wardono Niloperbowo, Dr. Lulu Lusianti Fitri, Dr. Indra Wibowo, Dr. Noviana Vanawati, Dra. Shanty Rahayu, MSi.

Foto-foto kegiatan penyuluhan mengenai Kesehatan organ reproduksi bagi remaja putri dan penyebab stunting pada anak-anak di Balai Desa Sukajaya, kec. Sumedang Selatan, kab. Sumedang pada kamis 20 Juni 2024. 1. Suasana Pembukaan acara oleh kepala Desa Sukajaya Bpk Sukana dan koordinator acara PkM KK FPHSB, 2. Peserta yang hadir, 3 Prof Anggraini Barlian sedang menejlaskan tentang organ reproduksi, 4. Prof marselina sedang menjelasskan tentang stunting, 5. Asisten mahasiswa sedang berbagi kuis, 6. Respon peserta terhadap kuis, 7. Ketua penggerak PKK memberi tanggapan terhadap materi, 8. Penyampaian kenang-kenangan setelah penutupan.

 

X