KK Ekologi Gelar Workshop Pelestarian Keanekaragaman Flora Indonesia Melalui Ilustrasi Botani

Penulis: Mentari Alwasilah
Dokumentasi foto : Zamzam Atsaury

JATINANGOR, SITH.ITB.AC.ID – Sebagai bentuk pelestarian keanekaragaman flora, penyebarluasan ilmu dan pengetahuan pada generasi muda, Kelompok Keilmuan Ekologi SITH ITB melaksanakan workshop yang bertajuk “Pelestarian Keanekaragaman Flora Indonesia Melalui Ilustrasi Botani”. Ilustrasi botani, sebuah sisi menarik dari dunia botani, teknik seni gambar yang didasarkan pada kaidah-kaidah taksonomi tumbuhan, membuat ilustrasi botani suatu jenis tumbuhan mampu membuat kita lebih menyelami karakter tumbuhan secara detail sehingga membuat pengenalan jenis tumbuhan menjadi semakin mudah. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 21 September 2019 di Laboratorium Instruksional Labtek VA (Kehutanan) ITB Kampus Jatinangor.

Workshop yang didanai Program Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Inovasi (P3MI) ITB 2019 ini mengajak para generasi muda pecinta tumbuhan dan peminat ilustrasi botani untuk mengekspresikan karakter tumbuhan dengan menggambarkannya. Peserta yang hadir dalam workshop ini berjumlah 44 peserta yang terdiri dari pelajar sekolah menengah atas yang diwakili oleh SMAN 1 Bandung, SMAN 3 Bandung, SMAN 1 Jatinangor, SMA Bina Muda Cicalengka, SMAN 15 Bandung, SMA PGRI Cicalengka, serta mahasiswa dari berbagai universitas seperti ITB, UNPAD, UPI, UIN Sunan Gunung Djati dan IPB.

Workshop ini diasuh langsung oleh Dr. Icshan Suwandi, dosen program studi Rekayasa Kehutanan SITH ITB yang juga seorang illustrator botani. Beliau mengajak para peserta untuk berlatih membuat ilustrasi botani dengan menggunakan teknik pensil dan mengajak jari jemari menari mengikuti sederet karakter detail tumbuhan. Materi pertama yang disampaikan adalah pengenalan konsep dan kaidah ilustrasi botani, dimana materi ini menekankan perbedaan antara seni ilustrasi dengan ilustrasi botani, serta teknik-teknik menggambar ilustrasi botani. Selain itu, peserta juga dibekali materi singkat terkait teknik cuplik tumbuhan agar ilustrasi tumbuhan yang digambarkan dapat terwakili sesuai dengan kaidah ilustrasi botani dan juga tidak merusak tumbuhan yang dicuplik.

Setelah pemaparan materi, secara berkelompok peserta diajak berkeliling sekitar kampus untuk mengenali, mengamati dan mencuplik tumbuhan yang akan digambar. Terdapat beberapa jenis tumbuhan yang dicuplik dan digambar oleh para peserta, diantarannya Cassia fistula, Ceiba petandra, Calliandra calothyrsus, Jacaranda mirnosifolia, Gmelina arborea, Shorea leprosula, Erythrina cista-galii, Tabebuia argentea, Hibiscus rosa-sinensis, dll. Selanjutnya peserta kembali masuk ke dalam ruangan untuk memulai praktek menggambar ilustrasi botani.

Sebelum memulai menggambar, peserta diajak melenturkan tangannya terlebih dahulu dengan menggambar beberapa pola sederhana mulai dari garis lurus hingga garis bergelombang yang membentuk pola helaian daun. Kemudian peserta diarahkan untuk menggambar ilustrasi botani sesuai dengan tumbuhan yang telah dipilih oleh masing-masing peserta. Sembari menggambar, pemateri berkeliling dan memberikan arahan personal untuk memberikan saran, memperdalam teknik mengambar serta mengajarkan metode mengarsir menggunakan pinsil.

Sebagai penutup, Bapak Ichsan Suwandi memberikan apresiasi bagi beberapa peserta dengan hasil ilustrasi botani terbaik. Apresiasi tersebut diberikan pada Kadhan Dalilurahman (SMAN 1 Bandung), Alfat Safitri (ITB), Aldila Diani Ramadan (UNPAD), dan Amaliyah Izzul Islam (UNPAD).  Workshop ini diharapkan dapat menjadi bagian dalam meningkatkan kelestarian flora Indonesia serta menjadi sarana bagi para peminat ilustrasi botani.

Berita Terkait

IndonesiaEnglish