Penandatanganan MoU SITH ITB – PT Alternative Protein Indonesia (API) : Pemanfaatan BSF (Black Soldier Fly) untuk Aplikasi di Bidang Pertanian, Peternakan, dan Akuakultur

Penulis : Diah Nofitasari (Asisten Akademik)

BANDUNG, SITH.ITB.AC.ID – Senin, 17 Februari 2020, Dekan Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) Prof. I Nyoman Pugeg Aryantha, Ph.D., menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Direktur PT Alternative Protein Indonesia (API), Helena Lalogianni. Penandatangan dilakukan di Ruang Sidang Gedung SITH, Labtek XI, Jalan Ganesha No. 10, Kota Bandung. Penandatangangan MoU ini dihadiri oleh beberapa dosen dari program studi Rekayasa Pertanian seperti Dr. Ir. Mia Rosimiati, Ramadhani Eka Putra, Ph.D., dan Dr. Ima Mulyama Zainuddin. Perjanjian kerjasama ini bertujuan untuk melakukan penelitian di bidang pakan hewan ternak yang berasal dari larva BSF (Black Soldier Fly) untuk  unggas, ikan, atau udang.

Dalam kerjasama ini akan dilaksanakan beberapa topik penelitian diantaranya; (a) Kandungan amino dan asam lemak yang dihasilkan BSF, (b) Analisa residu/sisa pakan BSF sebagai bahan dan aplikasi untuk bio-fertilizer, (c) Analisa asam lemak serta Omega 3 dan 6 untuk konsumsi pakan yang mengandung zat tambahan, (d) Sifat kitin yang dihasilkan dari BSF, (e) Mempelajari sifat antimikroba yang terkandung dalam BSF dan uji coba pakan, (f) Populasi mikroba dalam proses fermentasi limbah tandan buah kosong, dan (g) Molecular marker untuk mengetahui strain dari BSF.

Kedua belah pihak menyambut antusias untuk kerjasama penelitian tersebut dan berharap dengan adanya kolaborasi penelitian ini dapat meningkatkan kualitas dan hasil riset, serta mampu menghasilkan teknologi dari penggunaan BSF di bidang peternakan, perikanan, dan aplikasi pertanian di Indonesia.

Berita Terkait

EnglishIndonesia