Summer School Program 2019 “Tropical Plants as Medicinal Herbs and Cosmetics Ingredients”

Penulis : Nida Nisrine

SITH ITB kembali melanjutkan program Summer School di tahun ini. Program keempat di tahun 2019 ini mengambil tema Tropical Plants as Medicinal Herbs and Cosmetics Ingredients”. Program ini berlangsung pada 29 Juli – 10 Agustus 2019. Seperti yang diselenggarakan di tahun-tahun sebelumnya, program ini ditujukan untuk mahasiswa dalam dan luar negeri. Program ini diikuti oleh 19 peserta yang berasal dari Malaysia (8 orang), Vietnam (1 orang), Filipina (1 orang), Singapura (1 orang), Meksiko (1 orang), dan peserta dari Indonesia sebanyak 7 orang yang berasal dari Institut Teknologi Bandung. Program ini diselenggarakan atas dukungan dari program World Class University ITB.

Mahasiswa yang mengikuti program ini mendapatkan credit earning setara dengan 3 SKS/3 ECTS pada Mata Kuliah Kapita Selekta Bioindustri (BE-4106). Kapita Selekta Bioindustri merupakan salah satu mata kuliah pilihan pada Program Studi Rekayasa Hayati. Program ini terdiri atas pemaparan materi di kelas dari ahli yang terkait dengan bidang sains dan bioteknologi tumbuhan, lokakarya, serta kunjungan industri ke beberapa lembaga. Program ini bertujuan untuk memperkenalkan prospek tanaman tropis sebagai bahan baku pada bioindustri obat dan kosmetik.

Sebanyak 14 pertemuan di kelas akan diisi oleh pemateri dari SITH-ITB (Dr. Dian Risleine, Dr. Rina Ratnasih, Dr. Rizkita Rachmi Esyanti, Dr. M. Yusuf Abduh, Dr. Erly Marwani, Dr. Ahmad Faizal), SF-ITB (Dr. Elfahmi), Universiti Kebangsaan Malaysia (Prof. Ismanizan Ismail, Assoc. Prof. Dr. Roohaida Othman), Leiden University (Prof. Young Hae Choi), Osaka University (Prof. Toshiya Muranaka), PT. Martina Berto (Erna Subroto, Ph.D, dan PT. Sinkona Indonesia Lestari (Ida Rahmi Kurniasih, S.Si., Apt). Selain pemberian materi di kelas, akan dilaksanakan 3 lokakarya yaitu Plant Barcoding and Bioinformatics oleh Husna Nugrahapraja, P.hD dari SITH-ITB, Bioproducts from Essential Oils oleh Bio-N Oils, dan  Jamu Making oleh Rahsa Nusantara. Lalu akan ada pula kunjungan ke Herbarium & Museum Zoologi ITB, Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (BALITTRO), serta PT. Haldin Pacific Semesta.

Pada hari Senin, 29 Juli 2019, program ini resmi dimulai. Pembukaan program ini berlangsung di Kampus ITB Jatinangor dengan dihadiri oleh Dekan SITH-ITB, Ketua SPM ITB, serta undangan Dosen-Dosen SITH-ITB. Pada hari pertama, peserta dibekali materi tentang Biodiversitas Tumbuhan Tropika, oleh Dr. Dian Rosleine. Lalu, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi yang kedua tentang Bioprospektif Tumbuhan Tropika, oleh Dr. Rina Ratnasih. Acara hari pertama ditutup dengan kunjungan ke Herbarium serta Museum Zoologi SITH ITB. Dalam beberapa hari berikutnya, peserta akan mendapatkan materi-materi seputar Metabolit Sekunder pada Tumbuhan, Minyak Atsiri, Bioproduk, Tanaman Obat, Jamu, serta Bioindustri, serta Berbagi Pengalaman dari Produksi Kostemik Alami dan Produksi Tanaman Obat dan Herbal, kunjungan ke BALITTRO, dan PT Haldin Pacific Semesta. Selain itu, terdapat acara-acara lain seperti Hari Perkenalan Budaya, menonton pertunjukkan di Saung Angklung Udjo, dan berkeliling Kota Bandung.

Berita Terkait

IndonesiaEnglish