Enter your keyword

PPM : Membangun Usaha Agribisnis Di Pulau Maratua (Kalimantan Timur)

PPM : Membangun Usaha Agribisnis Di Pulau Maratua (Kalimantan Timur)

Dalam rangka pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi di bidang pengabdian, Tim dosen Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) terdiri dari Dr. Aos, Dr. Agus Dana Permana dan Dr. Mia Rosmiati, melakukan program pengabdian masyarakat (PPM) dengan judul: “Membangun Usaha Agribisnis Di Pulau Maratua Kecamatan Maratua Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur”.  Pelaksanaan Kegiatan PPM ini direncanakan secara multi tahun di  Pulau Maratua, Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Tujuan PPM adalah untuk meningkatkan ketersediaan dan ketahanan pangan khususnya tanaman sayuran di Pulau Maratua.

Kondisi pulau maratua  merupakan ekosistem Karst yang tidak memungkinkan untuk budidaya pertanian dalam skala luas berbasis lahan dengan kondisi nutrisi tanah yang terbatas.  Saat ini kebutuhan sayuran dari masyarakat di Pulau Maratua diperoleh dari Kabupaten Berau dengan jarak tempuh sekitar 3 jam dengan menggunakan speedboat. Hal ini menyebabkan harga sayuran ditingkat konsumen sangat mahal dan jenis sayurannya terbatas.

Pelaksanaan PPM pada tahun pertama ini, dilakukan pelatihan dan demplot budidaya tanaman pada lahan pekarangan dengan system tanam dalam pot oleh Dr. Aos, peningkatan motivasi usaha dan pengembangan agribisnis lahan pekarangan oleh Dr. Mia, dan pendampingan kegiatan budidaya dan pemeliharaan oleh mahasiswa MBKM SITH Program studi Rekayasa Pertanian.

Harapan dari kegiatan ini adalah masyarakat di Pulau Maratua memiliki motivasi dan mengaplikasikan budidaya sayuran dengan memanfaatkan lahan pekarangannya sehingga kebutuhan sayuran dapat terpenuhi dari dalam pulau sendiri, dan selanjutnya dapat dikembangkan menjadi usaha yang akan menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat.

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.

id_IDIndonesian
X