Enter your keyword

PPM: Penguatan Kapasitas Manajemen dan Kelembagaan BUM Desa dalam Mendukung Kemandirian Ekonomi Desa

PPM: Penguatan Kapasitas Manajemen dan Kelembagaan BUM Desa dalam Mendukung Kemandirian Ekonomi Desa

Kelompok Keilmuan Manajemen Sumber Daya Hayati dari Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati Intitut Teknologi Bandung (KK MSDH SITH – ITB) melaksanakan program pengabdian masyarakat di Desa Cinanjung, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang khususnya di BUM Desa Mandiri Cinanjung pada tanggal 2 Juli 2022 dengan judul Penguatan Kapasitas Manajemen dan Kelembagaan BUM Desa dalam Mendukung Kemandirian Ekonomi Desa. Tim pengabdian masyarakat ini terdiri dari Dr. Yooce Yustiana, Dr. Mia Rosmiati, Dr. Wawan Gunawan, Dr. Mulyaningrum, Ir. Agustania, M.P, Dr. Pujo dan Dr. Heri Rahman. Pelaksanaan pelatihan diikuti oleh seluruh perangkat BUM Desa Mandiri Cinanjung dan dibuka oleh Kepala Desa Cinanjung yaitu Bapak R. Nurdiono juga sambutan dari ketua KK MSDH SITH – ITB Ibu Dr. Yooce Yustiana.

Sebelum pelaksanaan pelatihan, seluruh peserta mengikuti penyampaian materi pertama mengenai Peran BUM Desa Dalam Mendukung Kemandirian Ekonomi Desa oleh Dr. Yooce Yustiana.

Pemberian Materi Peran BUM Desa Dalam Mendukung Kemandirian Ekonomi Desa

Pada pemberian materi awal, Dr. Yooce Yustiana menjelaskan bagaimana peran BUM Desa dalam mendukung perekonomian Desa. Peserta diajak untuk berdiskusi mengenai potensi usaha juga produk unggulan Desa, selain itu peserta dihimbau untuk membangun mental wirausaha, inisiatif, serta dijelaskan bagaimana cara membangun sentra ekonomi yang terintegrasi dan memasarkan produk unggulan desa. Selanjutnya dilaksanakan pelatihan manajemen dan kelembagaan BUM Desa yang dibagi ke dalam tiga kelompok yaitu pelatihan Pembuatan Buku Kas/Neraca Keuangan BUM Desa oleh Dr. Mia Rosmiati dan Dr. Wawan Gunawan. Pelatihan ini bertujuan untuk mengenalkan beberapa model sistem neraca keuangan serta pengoperasiannya. Luaran dari pelatihan ini adalah perangkat BUM Desa Mandiri Cinanjung khususnya bendahara mengetahui cara membuat pembukuan keuangan sederhana.

Pelatihan Pembuatan Buku Kas/Neraca Keuangan BUM Desa

Kelompok kedua, peserta diberikan pelatihan Struktur Organisasi BUM Desa serta Fungsi dan Tugasnya. Pelatihan ini diberikan oleh Dr. Mulyaningrum dan Ir. Agustania, M.P. Pada awal pelatihan, peserta dibekali materi mengenai organisasi, dari mulai definisi organisasi, visi dan misi organisasi hingga menurunkan tujuan dari visi dan misi organisasi tersebut. Peserta diajak untuk menyempurnakan visi dan misi dari BUM Desa Mandiri Cinanjung dan menurunkan serta membuat tujuan BUM Desa Mandiri Cinanjung. Selain itu, peserta juga diajak untuk membedah struktur organisasi juga menyesuaikan struktur tersebut dengan kebutuhan dan potensi Desa Cinanjung. Sehingga, didapatkan struktur organisasi BUM Desa dengan pembagian unit kerja yang sesuai dengan visi, misi, dan tujuan BUM Desa Mandiri Cinanjung. Luaran dari pelatihan ini adalah terbentuknya struktur organisasi juga fungsi dari unit kerja yang telah ditentukan.

Pelatihan Struktur Organisasi BUM Desa dan Tugas-tugasnya

Kelompok ketiga, para peserta diberikan pelatihan mengenai Penyempurnaan AD/ART BUM Desa Cinanjung oleh Dr. Pujo dan Dr. Heri Rahman. Pada pelatihan ini, kelengkapan dokumen BUM Desa Cinanjung diperiksa, serta membahas isi AD/ART dari BUM Desa Cinanjung yang sudah ada sebelumnya. Penyempurnaan AD/ART BUM Desa Cinanjung diarahkan untuk mengatur unit kerja BUM Desa Mandiri Cinanjung dalam bekerja, sehingga tergambarkan dengan jelas pekerjaan yang akan dikerjakan oleh setiap unit kerja, dalam pelatihan ini luaran yang dicapai adalah tersusunnya AD/ART BUM Desa Cinanjung yang mengatur keberjalanan BUM Desa Mandiri Cinanjung sesuai dengan kondisi dan kebutuhan BUM Desa Cinanjung.

Pada penghujung acara pelatihan, dilakukan evaluasi juga diskusi mengenai pelatihan secara keseluruhan dan luaran apa saja yang telah didapatkan. KK MSDH SITH-ITB memberikan sebuah investasi barang berupa laptop kepada BUM Desa Mandiri Cinanjung yang telah didukung dengan software manajerial untuk mendukung keberjalanan BUM Desa Mandiri Cinanjung. Harapan dari pelatihan ini adalah selain terjalin kerja sama antara SITH-ITB dengan Desa Cinanjung, dapat meningkatkan kapasitas manajemen dan kelembagaan BUM Desa Mandiri Cinanjung dalam mendukung kemandirian ekonomi Desa Cinanjung.

Pelatihan mengenai penguatan kapasitas manajemen dan kelembagaan BUM Desa Mandiri Cinanjung tidak berhenti sampai hari itu saja, namun KK MSDH SITH – ITB akan terus melakukan pendampingan dan menjadikan BUM Desa Mandiri Cinanjung sebagai salah satu binaan dengan melakukan pertemuan setiap satu bulan sekali, baik dosen KK MSDH SITH – ITB yang mengunjungi Desa Cinanjung atau perangkat Desa maupun BUM Desa Mandiri Cinanjung yang mengunjungi kampus ITB. Sehingga, diharapkan dengan adanya binaan dan pendampingan ini, BUM Desa Mandiri Cinanjung dapat berjalan sesuai dengan visi, misi, dan tujuan yang akan dicapai.

Pemberian laptop dari KK MSDH SITH – ITB kepada BUM Desa Mandiri Cinanjung

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.

id_IDIndonesian
X