Enter your keyword

Dr. Karlia Meitha, Dosen Muda SITH ITB Terpilih Sebagai Fellows dari The Matsumae International Foundation

Dr. Karlia Meitha, Dosen Muda SITH ITB Terpilih Sebagai Fellows dari The Matsumae International Foundation

Dr. Karlia Meitha, Ketua Prodi Magister Bioteknologi, telah terpilih sebagai salah satu fellows dari The Matsumae International Foundation. Fellowship ini mengundang ilmuwan pada bidang sains dan teknologi dari seluruh dunia untuk bekerjasama secara langsung dengan para ilmuwan di Jepang. Selain pengembangan ilmu pengetahuan, berkumpulnya para ilmuwan ini ditujukan juga untuk menekankan pentingnya penggunaan sains dan teknologi untuk menjaga perdamaian dunia.

Selama masa fellowship, Dr. Meitha melakukan penelitian di Engineering Biology Research Center, Kobe University dan bekerjasama dengan Prof. Keiji Nishida. Adapun topik penelitian yang dilakukan adalah edit genom untuk tanaman pangan. Perkembangan populasi dunia membutuhkan teknik-teknik baru untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pangan agar kecukupan nutrisi seluruh populasi tidak terkorbankan. Dari sisi molekuler, teknik edit genom dinilai memiliki spesifisitas yang tinggi karena perubahan pada level DNA dapat dikontrol hanya terjadi pada daerah target saja. Selain itu, organisme yang dihasilkan dari proses edit genom juga tidak dikategorikan sebagai organisme rekayasa genetika sehingga produk akhirnya kelak akan lebih mudah diterima masyarakat. Aplikasi teknik ini tidak terbatas hanya di bidang pangan, tapi dalam berbagai bidang lainnya juga seperti kesehatan. Terapi gen di masa mendatang dengan menggunakan metode edit genom pada gen pembawa penyakit merupakan solusi bagi penyakit-penyakit genetis.

Selain melakukan penelitian, selama kunjungan tersebut Dr. Meitha juga mempelajari bagaimana research culture pada suatu lab atau universitas dibina. Terus melakukan penelitian secara aktif, bahkan oleh Professor pada suatu lab, memberikan semangat tersendiri bagi para anggota lab tersebut serta menekankan pentingnya arti riset untuk terus mendorong batas keilmuan.

X