The 1st Joint Symposium SITH-USM


Pada hari Senin – Selasa tanggal 20 – 21 Desember 2010 telah diselenggarakan Joint Symposium of ITB and USM yang pertama (1JSIU) bertempat di Aula Timur ITB. Pada hari pertama acara dibuka oleh Prof. Intan Ahmad selaku Dekan ITB dan Prof. Abu Hassan Ahmad selaku dekan USM. Dilanjutkan oleh sambutan dari ketua 1JSIU 2010 Dr. Siti Khodijah Chaerun. Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan penyampaian materi dari pembicara pertama oleh Prof. Mashhor Mansor (USM) dengan tema Consevation ecology and biodiversity of Malaysia flora and fauna. Pembicara kedua Prof. Djoko T. Iskandar (ITB) dengan tema Biodiversity and conservation study in Sundaland. Selanjutnya penyampaian oral session 1, 2 dan 3 sesuai dengan kategorinya masing-masing.

Untuk oral dan paper dibagi kedalam empat kategori yaitu 1)Ekologi dan Biosistematika (EB), 2) Fisiologi, Biologi Perkembangan dan Biomedik (FBPB), 3) Mikrobiologi, Genetika dan Biologi Molekuler (MGBM), 4) Sains dan Bioteknologi Tumbuhan (SBT). Oral dan paper yang masuk sesuai kategori adalah sebagai berikut : 1) EB (Oral : 24; Paper : 10), 2) FBPB (Oral : 7; Paper : 7), 3) MGBM (Oral : 17; Paper : 19), dan 4) SBT (Oral : 7; Paper : 7). Pemenang dari masing-masing kategori mendapatkan medali dan sertifikat.

Pada Hari kedua diawali dengan ekskursi / tamasya ke Tangkuban Perahu dari pukul 06:30-12:30. Setelah itu kembali lagi ke Aula Timur ITB untuk melanjutkan oral session 4 dan 5. Pemberian medali dan sertifikat oleh Prof. Abu Hassan dan Prof. Intan Ahmad kepada para pemenang oral dan poster sesuai dengan kategori masing-masing. Selanjutnya acara ditutup oleh Prof. Intan Ahmad dan Prof. Tati S. Subahar.

Hasil dari acara ini adalah 1) ada beberapa paper untuk dipublikasikan ke tingkat internasional, 2) membuka peluang kerjasama antara SITH dan USM tentang penelitian yang terkait dengan keahlian masing-masing peneliti 3) akan meneruskan joint symposium yang ke-2 di Penang tahun depan.