Workshop Kayu Mendapat Antusias Dari Para Peserta

Workshop kayu bertema: “Peranan Kayu sebagai Bahan Baku Konstruksi dan Produk Dekoratif” telah berjalan sukses, diikuti oleh lebih dari seratus peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen, instansi teknis kehutanan, peneliti kayu dan pengusaha kayu olahan. Workshop tersebut diselenggarakan atas prakarsa Kelompok Keilmuan Teknologi Kehutanan Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati, bertempat di Campus center ITB pada hari Rabu 26 September 2012 selama satu hari penuh.

Workshop dibuka oleh Dekan SITH ITB, Ibu Prof. Dr. Tati Suryati Syamsudin, DEA mengakhiri sambutannya dengan topik “ Peranan SITH dalam Ikut serta Menghasilkan SDM Bidang Kehutanan. Dalam sambutannya Dekan SITH menyatakan bahwa salah satu tujuan diselenggarakannya workshop ini adalah untuk meperkenalkan salah satu Kelompok Keilmuan baru di SITH, yaitu KK Teknologi Kehutanan, kepada masyarakat akademisi ITB, peneliti kahutanan dan pengusaha kayu olahan. Harapannya, SITH dapat lebih berperan dalam meningkatkan produktivitas, kualitas dan efisiensi sumberdaya hutan dan hasil hutan. Sambutan Dekan tersebut mendapat respon yang baik dari pembicara utama (keynote speech) dari Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat yang diwakili oleh Kepala Bidang Bina Usaha Produk Kehutanan, Bapak Ir. Suherman, MSi, yang membawakan makalah dengan judul: “Potensi Hutan Rakyat Jawa Barat sebagai Penyedia Bahan Baku kayu untuk Industri Kehutanan”. Beliau berpendapat bahwa hutan rakyat memegang peranan strategis dalam penanganan lahan kritis di luar kawasan serta strategis dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya petani hutan rakyat. Pasokan kayu dari hutan rakyat di Jawa Barat menunjukkan kecenderungan yang terus meningkat namun keuntungannya masih belum berpihak kepada petani hutan rakyat. Untuk itu diperlukan inovasi rekayasa teknologi dan rekayasa hayati guna meningkatkan nilai tambah terhadap produksi usaha hutan rakyat, yang perlu dilakukan oleh peneliti kehutanan termasuk dari peneliti SITH.

Presentasi materi workshop dilaksanaan di ruang auditorium campus center ITB, dilaksanakan dalam dua sesi. Sesi I (pagi hari) menampikan tiga pembicara yaitu (1) Dr . Eka Mulya Alamsyah (Struktur dan Sifat Kayu Hutan Tanaman dan Hutan Rakyat dalam Kaitannya dengan Kesesuaian Penggunaan Kayu); (2) Dr. Ane Hadiyane (Teknologi Peningkatan Mutu Kayu) dan 93) Dr. Saptahari Sugiri (Penggunaan Kayu sebagai Material Konsruksi). Sesi pertama ini dimoderatori oleh Dr. Yoyo Suhaya. Presentasi sesi kedua dilaksanakan setelah ishoma dan dimoderatori oleh Sutrisno, MSi. Para pembicara pada sesi dua adalah (1) Dr. Ihak Sumardi (Perkembangan Teknologi Penglahan Kayu; (2) Ir. Eko Sudoyo, MS (Produk Kayu Olahan Masa Depan: Memanfaatan Kayu Hutan Rakyat dan Hutan Tanaman Lestari sebagai Sumber Bahan Baku); (3) Dr. Andar Bagus Sriwarno (Pemanfaatan Kayu sebagai Bahan Dekoratif) dan (4) Ir. Budhi Wibowo, MM (Produk Dekoratif dan Interior dari Kayu).

Acara workshop juga menampilkan displai kayu olahan di Ruang Galeri Utama, dari beberapa partisipan yaitu dari PT. Sumber Garaha Sejahera (PT. SGS) Tanggerang, PT Laminatech Kreasi Sarana (PT. LKS) Cikarang, Pusat Penilitian dan Pengembangan Keteknikan Kehutanan dan Pengolahan Hasil Hutan (Pustekolah) Bogor, Biomaterial LIPI Cibinong, Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB, Fakultas Teknik ITB dan SITH. Di Ruang Galeri Utama juga dilaksanakan presentasi produk dari beberapa peserta displai yaitu: (1) Ir. Eko Sudoyo, MS dari PT. SGS, (2) Ir. Tjuk Samito Hadi, MSc, dari Pustekolah; (3) Ir. Budhi Wibowo, MM dari PT. LKS dan Dr. Wahyu Dwianto dari Biomaterial LIPI. Acara presentasi produk dimoderatori oleh Dr. Yayat Hidayat. Akhirnya pada sore hari acara workshop ditutup oleh ketua KK Teknologi Kehutaan, Ibu Dr. Endah sulistyawati. (***yh)

Berita Terkait