Pelatihan Etiket untuk Mahasiswa SITH

Pada hari Sabtu 15 Desember 2012, Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati ITB telah menyelenggarakan Pelatihan Etiket untuk mahasiswa SITH angkatan 2011 dan 2012. Selain oleh mahasiswa, acara ini juga dihadiri oleh Dekan SITH, Wakil Dekan bidang Akademik SITH, serta para dosen wali program studi Sarjana Biologi, program studi Sarjana Mikrobiologi, dan program studi Sarjana Rekayasa Hayati.

Pelatihan ini dilaksanakan dalam bentuk seminar, dengan Dr. Kusumadewi Sutanto, M.Pd (lahir di Blitar, 15 April 1938) sebagai pembicara, dan Dr. Pingkan Aditiawati sebagai moderator. Ibu Kusumadewi adalah tokoh wanita yang beberapa kali mendapatkan penghargaan dari Menteri Pendidikan, yaitu penghargaan Mendikbud 1985 atas Pengabdian dan Prestasi di bidang Pendidikan Luar Sekolah, penghargaan Mendikbud 1991 sebagai Pemrakarsa dan Perintis Pembentukan Himpunan Seluruh Pendidik dan Penguji Indonesia (HISPPI) pada Pendidikan Nonformal, penghargaan Mendiknas 2000 sebagai Pengembang Organisasi HISSPI, penghargaan BNSP 2009 dalam Professional Competency Award, serta penghargaan Mendiknas 2012 Bakti Widya Karya Kursus dan Pelatihan Kecantikan.

Dalam kesempatan ini, beliau memaparkan presentasi dalam waktu 3 jam berturut-turut, yang meliputi uraian (1) Kepribadian dan Pengembangan, (2) Etika Pergaulan, (3) Busana dan Keserasian, (4) Teknik Komunikasi, dan (5) Kepribadian Individu dan Pembentukan Watak Bangsa. Suasana ruangan begitu hening dan baru terpecah saat moderator mempersilakan hadirin untuk sesi tanya-jawab. Sebanyak 13 pertanyaan dijawab oleh Ibu Kusumadewi. Sayang sekali waktunya sangat singkat.

Dari seminar ini diharapkan para mahasiswa mendapatkan tambahan wawasan yang berkaitan dengan norma-norma yang berlaku di masyarakat, baik dalam pergaulan lokal maupun internasional. Semoga acara ini dapat terus diadakan untuk setiap angkatan dan memberikan kontribusi yang positif untuk pengembangan kepribadian lulusan SITH ITB.