Dr. Azzania meraih L’OREAL Award 2016

 

L’OREAL kembali menganugerahkan penghargaan National Fellowship Award for Women in Science 2016, bertempat di Graha Utama Kemendikbud lantai 3 Gedung A, Senayan, Jakarta Selatan. Acara dibuka oleh Staff Ahli Bidang Inovasi dan Daya Saing Kemendikbud Ananto Kusuma Seta pada kamis (3/11). Dalam sambutannya Ananto menyatakan bahwa bangsa yang maju adalah bangsa yang meletakkan pendidikan terutama sains sebagai dasar percepatan pembangunan.

L’OREAL bersama Komisi Nasional Indonesia UNESCO (KNIU) mengejar mimpi yang sama untuk terus terang berjuang dalam mendukung ilmuwan perempuan Indonesia. Arief Rahman selaku Ketua Harian KNIU kemendikbud menyatakan bahwa data UNESCO menunjukan kesenjangan gender dalam dunia sains cukup tinggi.

Terkait pernyataan di atas, secara global L’OREAL Foundation merencanakan kampanye #changethenumber untuk mengubah angka jumlah ilmuwan perempuan di Indonesia . Kampanye bertujuan mengubah persepsi publik terhadap perempuan dibidang sains dan menarik banyak perempuan untuk memilih karir dibidang sains. L’OREAL-UNESCO FWIS mengusahakan perempuan akan berkontribusi terhadap kemajuan sains dan perkembangan masyarakat.

Presiden Direktur L’OREAL, Umesh Phadke dalam kesempatan ini memberikan penghargaan bagi ilmuwan perempuan yang memiliki semangat untuk membangun Indonesia di bidang ekonomi, kesehatan dan lingkungan. Para peraih penghargaan tersebut adalah Dr. Andriati Ningrum dan Dr. Azzania Fibriani (SITH ITB) pemenang dikategori Life Science dan untuk kategori Material Sciences, Engineering dan Mathematics, Fitri Khoerunnisa Ph.d dan Dr. Yenny Meliana akan mendapatkan dana sebesar Rp. 80 juta untuk digunakan dalam penelitian mereka.

Dalam acara tersebut juga dilakukan penandatangan nota kesepahaman antara L’Oréal-UNESCO For Women In Science dengan Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI) untuk mendukung kegiatan di bidang penelitian, pendidikan dan pengabdian masyarakat.

Diharapkan dengan program ini makin memacu peningkatan minat perempuan terhadap keilmuan dan juga meningkatkan jumlah ilmuwan perempuan di Indonesia.

 

Sumber : http://www.loreal.co.id, http://radio.itjen.kemdikbud.go.id, https://liputan6.com,

Berita Terkait