Pelatihan “Molecular Cloning Laboratory”

Kelompok Keilmuan Genetika dan Bioteknologi Molekuler (KK GBM), Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) ITB akan menyelenggaraka Lokakarya Pelatihan “Molecular Cloning Laboratory” yang akan diselenggarakan pada tanggal 14 sampai 16 Agustus 2017. Lokakarya Pelatihan “Molecular Cloning Laboratory” merupakan prakarsa unggulan dari KK GBM SITH ITB dan merupakan program rutin yang diselenggarakan hampir di setiap bulannya. Tujuan dari  lokakarya pelatihan ini adalah untuk mempelajari secara singkat keilmuan mendasar terkait teknik Molekuler Cloning serta memberikan kemampuan melakukan teknik Molecular Cloning sehingga para peserta pelatihan dapat menggunakan teknik tersebut untuk membantu penelitian-penelitan yang dilakukan.
Lokakarya pelatihan meliputi ceramah dan sesi pelatihan laboratorium langsung yang meliputi pengantar teknik Molecular Cloning, aplikasi DNA rekombinan dalam penelitian. Selain itu, lokakarya ini memberikan pengetahuan dan pengalaman praktis di bidang berikut:
Teknik molekuler dasar, mis. Polymerase Chain Reaction (PCR), Ligasi, Transformasi, dan Purifikasi dari DNA rekombinan, serta strategi kloning molekul, dll.
Tujuan pembelajaran lokakarya ini, diantaranya adalah:

  1. Peserta secara akurat, aman dan tepat menggunakan semua peralatan yang secara teratur digunakan dalam manipulasi DNA, termasuk neraca, pipet, elektroforesis dan alat sentrifugasi.
  2. Peserta dapat menyiapkan larutan kimia dan pereaksi sesuai protokol.
  3. Peserta mendapatkan pengetahuan tentang dasar biokimia yang mendasari teknik biologi molekuler.
  4. Peserta secara mandiri mengkloning gen apapun ke dalam vektor plasmid (PCR, ligasi, transformasi bakteri, ekstraksi DNA, pemetaan DNA dan desain primer).
  5. Peserta dapat mendesain eksperimen biologi molekuler dan menafsirkan hasilnya, merancang strategi untuk menghindari kegagalan eksperimen.