Enter your keyword

Expedition Vadra: Berbagi Persprektif dan Keilmuan dengan Himitepa IPB

Expedition Vadra: Berbagi Persprektif dan Keilmuan dengan Himitepa IPB

BANDUNG, itb.ac.id – 71 anggota   Himpunan Mahasiswa (Himitepa) Institut Pertanian Bogor (IPB) University berkunjung ke Himpunan Mahasiswa Teknologi Pascapanen ‘Vadra’ Institut Teknologi Bandung (ITB) pada Sabtu (18/5/2024) di ITB Kampus Jatinangor.

Kunjungan ini merupakan bagian dari program kerja tahunan kedua himpunan yang bertujuan untuk saling mengenal lebih dekat, berbagi ilmu, dan pengalaman berorganisasi.

“Harapannya, Himitepa IPB dan HMPP ‘Vadra’ ITB bisa berkembang bersama,” ujar Ketua HMPP ‘Vadra’ ITB, Hafizh Thoriq.

Acara dimulai dengan dipandu oleh MC dari mahasiswa Teknologi Pascapanen ITB, Agnes dan Nauwil. Kemudian dilanjutkan oleh sambutan oleh Ketua HMPP, Hafizh Thoriq dan Ketua Himitepa, Rahardian Abrar. Mereka memaparkan struktur organisasi, fungsi, dan program kerja masing-masing himpunan, memberikan gambaran lengkap tentang bagaimana setiap himpunan beroperasi dan berkontribusi.

Setelah sesi pembukaan, acara dilanjutkan dengan sesi benchmarking antardivisi organisasi yang memiliki fungsi serupa. Dalam sesi ini, anggota dari kedua himpunan berbagi pengalaman dan berdiskusi mengenai program kerja yang telah dilakukan serta tantangan yang dihadapi. Diskusi ini memberikan wawasan baru dan inspirasi bagi kedua belah pihak untuk terus mengembangkan program kerja yang lebih baik di masa depan.

Selain bertukar cerita seputar organisasi, Vadra dan Himitepa saling berbagi informasi berkaitan dengan keilmuan dari masing-masing dengan membahas mata kuliah yang dipelajari di setiap jurusannya. Ternyata, Teknologi Pascapanen ITB dengan Ilmu dan Teknologi Pangan IPB memiliki banyak kesamaan dari hal-hal yang dipelajari di bangku kuliah. Sebut saja dari sektor mikrobiologi pangan, evaluasi sensori, pengemasan, hingga regulasi dan perizinan yang berkaitan dengan pangan.

“Kami memang sengaja mencari jurusan yang berbeda yang masih dalam satu lingkup pangan, hal ini supaya kami dapat memperluas pandangan kami,” ujar salah satu staf eksternal Himitepa IPB, Agatha.

Selanjutnya, rombongan dari Himitepa IPB diajak mengikuti campus tour dan lab tour, mengelilingi Kampus ITB Jatinangor. Mereka diperkenalkan pada fasilitas-fasilitas yang digunakan dalam kegiatan akademik Teknologi Pascapanen, mulai dari co-working space Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) hingga laboratorium di Labtek IA. Kegiatan ini memberikan pandangan baru tentang apa yang bisa dikembangkan dari masing-masing jurusan.

Sebagai penutup, diadakan pertukaran cinderamata dan sesi foto bersama untuk mengenang kunjungan Himitepa ke HMPP ‘Vadra’ ITB. Kedua himpunan mendapatkan banyak manfaat dari diskusi dan pertukaran pengalaman ini.

Selain mempererat tali silaturahmi, kunjungan ini juga membuka peluang untuk kerjasama lebih lanjut di masa depan. Harapannya, HMPP ‘Vadra’ ITB dan Himitepa IPB dapat terus menjalin hubungan yang baik.

“Kami tunggu Vadra di IPB, ya!” pungkas Abrar.

Reporter: Najma Shafiya (Teknologi Pascapanen, 2020)

sumber (itb.ac.id)

X