Laboratorium

1. Studio Komputer dan Hotspot Online 24 Jam

Studio komputer dilengkapi dengan 20 set komputer yang tersambung dengan LAN-internet dan juga Hotspot online disemua lantai. Fasilitas tersebut sangat esensial untuk penunjang proses belajar dan penelitian seperti mencari literatur melalui berbagai situs internasional dan nasional, mengikuti kuliah online, mengolah dan menganalisis data penelitian, serta untuk menulis laporan dan thesis.

2. Laboratorium Identifikasi dan Determinasi

Laboratorium ini menyediakan sarana untuk pemisahan sampel dari lapangan, baik dari ekosistem terestrial ataupun akuatik serta indentifikasi dan determinasi biota. Selain sebagai fasilatas identifikasi dan determinasi biota untuk kepentingan pendidikan, laboratorium ini juga memberikan layanan bagi pihak luar yang memerlukan jasa identifikasi dan determinasi biota. Untuk informasi lebih lanjut bisa klik link berikut:http://www.sith.itb.ac.id/herbarium/

3. Perpustakaan

Perpustakaan Departemen Biologi memiliki sekitar 6000 judul pustaka dalam bentuk : buku teks, jurnal, majalah, skripsi S1, laporan kerja praktek S1, thesis S2, disertasi S3, transparansi dan CD-ROM. Selain dilengkapi dengan fasilitas ruang baca dan lemari katalog, perpustakaan juga dilengkapi dengan komputer yang tersambung ke LAN-internet serta perangkat audio untuk belajar bahasa inggris. Bisa membuka situs Gigital Library di http://digilib.sith.itb.ac.id dan di Pemesanan Buku online di http://library.sith.itb.ac.id

4. Laboratorium Analisis Ekosistem Akuatik

Laboratorium ini menyediakan perangkat dan sarana yang diperlukan untuk penelitian-penelitian pada ekosistem akuatik. Perangkat tersebut meliputi berbagai alat ukur faktor lingkungan fisika-kimia perairan, alat untuk mengambil sampel biota perairan dan sarana kerja yang terkait dengan analisis ekosistem akuatik.

5. Laboratorium Analisis Ekosistem Terestrial

Laboratorium ini menyediakan perangkat dan sarana yang diperlukan untuk penelitian-penelitian pada ekosistem akuatik. Perangkat tersebut meliputi berbagai alat ukur faktor lingkungan fisika-kimia di ekosistem terestrial, alat untuk mengambil sampel biota (tumbuhan dan hewan), alat penunjang lainnya diantaranya peta, GPS, komputer serta sarana kerja yang terkait dengan analisis ekosistem terestrial.

6. Laboratorium Laboratorium Uji Toksisitas

Laboratorium ini menyediakan perangkat dan sarana yang diperlukan untuk uji toksisitas, seperti Tin Layer Chromatography, Water Bath, Biotron, Environmental Chamber, Mikroskop. Selain kegiatan pendidikan dan penelitian di laboratorium ini juga melayani jasa uji toksisitas bagi pihak yang memerlukan.

7. Laboratorium Analisis Sitogenetika

Laboratorium dilengkapi dengan fasilitas yang berhubungan dengan kegiatan analisa sitogentika.

8. Laboratorium Analisis Genetika Molekuler

Sesuai dengan namanya, laboratorium ini difasilitasi dengan perangkat analisis genetika molekuler. Di laboratorium ini dilakukan penelitian dan pendidikan yang berhubungan dengan rekayasa genetika, penanda genetika, analisis phylogenetik pada mikroba, tanaman dan hewan. Selain itu di laboratorium ini dipelihara sejumlah strain lalat buah (Drosophila) yang dapat digunakan untuk berbagai kegiatan pendidikan dan penelitian baik pada tingkat universitas maupun institusi pendidikan lainnya yang memerlukan.

9. Laboratorium Uji hayati serangga

Laboratorium ini menyediakan perangkat dan sarana yang diperlukan untuk melakukan uji hayati serangga seperti : Condition Chamber, Microtome, Stereo Microscope, Optical Fiber, Incubator, Monocular Microscope, Gas Cromatograph, Sieve Shaker. Uji hayati tersebut meliputi serangga berguna dan serangga pengganggu.

10. Laboratorium Analisis Biomedis

Laboratorium ini menyediakan perangkat dan sarana yang diperlukan untuk analisis biomedis seperti : Centrifuge , Vacuum Pump, Hot Plate, Spectrophotometer, Water Bath, Ultrasonicator,Microtom, Electrophoresis,Westren Blot, Incubator CO2, Freezer -80 C,pH meter, UV iluminator,Microscope Inverted,Laminar Air Flow,Nitrogen Locator,PCR, Microscope Epi Flourescence.

 

11. Laboratorium Analisis Perilaku

Laboratorium ini menyediakan perangkat dan sarana yang diperlukan untuk perilaku hewan baik dari kelompok vertebrata maupun dari kelompok invertebrata. Laboratorium ini difasilitasi dengan berbagai perangkat diantaranya Kymograph, Student Stimulator, Chart Recorder.

12.Laboratorium Analisis Struktur & Perkembangan (1 & 2)

Laboratorium ini difasilitasi peralatan yang menunjang penelitian di bidang biologi perkembangan baik hewan dan tumbuhan, dari tingkat organ, jaringan, sel hingga molekul. Laboratorium ini juga dapat memberikan pelayanan yang memerlukan preparat awetan baik tumbuhan maupun hewan, elektroforesis 1D dan 2D dan uji toksisitas.

13.Laboratorium Analisis Fitokimia

Laboratorium ini menyediakan perangkat dan sarana yang diperlukan untuk melakukan analisis fitokimia seperti : Alat Steril, Antifog Refrigator , Autoclave, Centrifuge, Computer & Meja, Filling Cabinet, Freeze Dryer, Incubator, Kompor Listrik, Kruk, Kursi Putar, Laminar Air Flow, Lemari Alat, Lemari Besi, Lemari Es , Lemari Kaca, Low Temp. Incubator, Meja Alat, Meja Kerja, Meja Tulis, Oven, spectrophotometer, Sterill Tanah, Telepon, Vacuum Pump. 

 

14. Laboratorium Transformasi & Mikro-Propagasi

Laboratorium ini menyediakan perangkat dan sarana yang diperlukan untuk melakukan Transformasi dan mikropropagasi seperti: Air Conditioner, Analytical Balance, Centrifuge, Cold Incubator, Heating Plate, Illuminated Incubator, Incubator, Inverted Microskop, Komputer (monitor), Kruk, Lemari Buku, Meja Kerja, Meja Rak Kayu, Meja Tulis, Oven, Pesawat Telpon, Shaker Bath, Spectrophotometer, Stereo Microskop.

15. Laboratorium Bioproses

Laboratorium ini difasilitasi dengan peralatan yang diperuntukan bagi kegiatan isolasi mikroba, perbanyakan sel, optimasi dan penggandaan skala produksi sel atau metabolit. Diantaranya adalah peralatan untuk kultivasi mikroba, kultur kocok (fermentor) untuk perbanyakan mikroba dan peralatan lainnya yang terkait dengan kegiatan bioproses. Selain melakukan kegiatan yang berhubungan dengan pendidikan dan penelitian laboratorium ini juga melayani jasa isolasi, identifikasi dan screening metabolit mikroba bagi masyarakat yang membutuhkan.

16. Laboratorium Bioremediasi

Laboratorium ini dilengkapi dengan fasilitas yang terkait dengan aktivitas isolasi, screening mikroba yang berhubungan dengan bioremediasi.

17. Laboratorium Instrumentasi

Laboratorium ini menyediakan perangkat dan sarana umum yang digunakan untuk praktikum dan tugas akhir. Alat yang tersedia seperti laminar air flow, timbangan analitik, ph meter, centrifuga dan lain-lain

18. Herbarium

Herbarium Departemen Biologi ITB menyimpan sekitar 15 ribu sampel tumbuhan yang sebagian besar terdiri dari jenis-jenis tumbuhan dari seluruh Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut bisa klik link berikut:http://www.sith.itb.ac.id/herbarium/

19. Museum Zoologi

Tentang Museum Zoologi

Museum Zoologi SITH ITB didirikan sekitar tahun 1950-an. Berawal dari beberapa peneliti yang berasal dari Eropa dan Amerika Serikat seperti Prof. Poul Heegaard dan Prof. Walter Roepke yang melakukan berbagai ekspedisi ke berbagai wilayah di Indonesia pada tahun 1940-1950-an. Koleksi yang didapatkan dari ekspedisi tersebut kemudian sebagian disimpan di Departemen Biologi ITB (sekarang menjadi SITH ITB) sebagai salah satu cara untuk menunjang penelitian dan pendidikan biologi, khususnya dalam bidang zoologi. Koleksi dan pengelolaan museum sejak tahun 1960-an hingga 2000-an kemudian dilanjutkan oleh mahasiswa dan dosen yang memiliki minat dalam bidang zoologi dan taksonomi seperti M. van Balgooy, Dr. H.S. Hardjasasmita, Prof. Soelaksono, serta Prof. Djoko T. Iskandar dkk. Museum Zoologi SITH ITB sempat mengalami beberapa kali pemindahan lokasi sebelum menetap di Kampus ITB Jatinangor saat ini. Museum ini memiliki koleksi lebih dari 2200 spesimen hewan dari 1027 spesies: mulai dari invertebrata laut, amfibi, reptil, burung hingga mamalia besar. Sebagian besar koleksi berasal dari wilayah Indonesia dan beberapa koleksi berasal dari hibah peneliti Amerika Serikat dan Eropa serta berasal dari kerjasama dengan rumah sakit dan kebun binatang. Jumlah spesimen terus bertambah seiring dengan terus diadakannya penelitian mengenai biodiversitas. Selain itu, Museum Zoologi SITH ITB juga memiliki beberapa koleksi literatur serta buku kuno mengenai zoologi dan taksonomi hewan. Sekarang, Museum Zoologi SITH ITB sedang fokus terhadap pengelolaan koleksi dan pengembangan koleksi saintifik. Kami juga memiliki jasa identifikasi dan determinasi hewan untuk publik.

Jam Kerja dan Alamat

Senin-Jum’at 08.00-16.00 (08.00-14.30 selama Bulan Ramadhan)

Alamat: Jl. Let. Jen. Purn. Dr. (HC) Mashudi No. 1/Jl. Raya Jatinangor KM 20.75 Sumedang 45363, Jawa Barat, Indonesia

Kami menyarankan untuk melakukan komunikasi sebelum berkunjung: silakan kontak Ganjar Cahyadi (WA: 085720339120, e-mail: ganjar@sith.itb.ac.id).

SOP Determinasi Hewan

  1. Membuat surat permohonan kepada Wakil Dekan Bidang Sumberdaya SITH ITB di Gedung Labtek XI Lantai I, Jalan Ganesha No. 10, Bandung 40132 dari instansi pemohon yang disahkan oleh pejabat berwenang
  2. Jika spesimen memenuhi syarat untuk dideterminasi oleh kurator, pemohon membayar biaya Identifikasi/ Determinasi ke rekening Bank BNI: Penampungan SITH ITB melalui teller dengan mencantumkan nama penyetor, nomor NPWP/ KTP/ NIK, dan hewan yang akan dideterminasi pada kolom berita
  3. Museum akan memberi notifikasi jika proses determinasi sudah selesai. Pemohon dapat mengambil surat hasil determinasi di:
    a. Tata Usaha SITH ITB, Gedung Labtek XI Lantai I, Jalan Ganesha No. 10, Bandung 40132
  4. Museum Zoologi SITH ITB, Gedung Labtek VC, Kampus ITB Jatinangor, Jl. Raya Jatinangor KM 20.75 Sumedang 45363

Tentang Koleksi

Museum Zoologi SITH ITB memiliki koleksi berupa awetan kering dalam bentuk offset, balgh (lembaran kulit), dan artikulasi rangka hewan serta awetan basah dengan rentang waktu koleksi antara tahun 1909-2018. Koleksi berasal dari berbagai wilayah di Indonesia seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua. Sebagian besar koleksi merupakan koleksi pribadi, koleksi kebun binatang, spesimen dari rumah sakit bersalin serta hadiah dari peneliti Amerika Serikat dan Eropa.

  • Spesimen tertua: Burung pelatuk Micropternus brachyurus brachyurus (Vieillot, 1818), koleksi tahun 1909
  • Total spesimen tersedia: 2251 spesimen
  • Total spesies tersedia: 1027 spesies

Amfibi: 92 spesies/ 836 spesimen

Ikan: 307 spesies/ 437 spesimen

Reptil: 175 spesies/ 319 spesimen

Burung: 141 spesies/ 157 spesimen

Mamalia: 54 spesies/ 130 spesimen

Invertebrata: 258 spesies/ 372 spesimen

  • Hewan dilindungi yang tersedia: Burung cendrawasih (Famili Paradisaeidae), harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae), trenggiling (Manis javanica), beruang madu (Helarctos malayanus), orangutan (Pongo pygmaeus), burung kasuari (Casuarius unappendiculatus)

 

 

IndonesiaEnglish