Enter your keyword

Dua Mahasiswa Biologi ITB Raih Medali pada ONMIPA 2023 Bidang Biologi

Dua Mahasiswa Biologi ITB Raih Medali pada ONMIPA 2023 Bidang Biologi

BANDUNG, itb.ac.id – Dua mahasiswa ITB torehkan prestasi pada Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) Tahun 2023 bidang Biologi. Kedua mahasiswa tersebut berasal dari Program Studi Biologi, Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati – Sains (SITH-S) Angkatan 2020: Hannisa Fazania Hasna meraih medali perak dan Dzakwanil Hakim meraih medali perunggu.

Tahapan kegiatan ONMIPA-PT 2023 dimulai dari pendaftaran, pengujian sistem, try out tingkat wilayah, seleksi tingkat wilayah, pelaksanaan final hingga pengumuman juara. Dalam persiapannya, Hannisa banyak belajar dengan membaca materi dari textbook kuliah, catatan dan powerpoint. Selain itu, ia juga mencari tahu bidang keahlian para juri, termasuk membaca jurnal mereka.

Sementara itu, Hakim mengaku waktu persiapannya lebih banyak dialokasikan untuk Ujian Akhir Semester (UAS), sehingga ia memanfaatkan ingatan tentang ilmu-ilmu yang dipelajari sebelumnya. Meskipun demikian, menuju seleksi nasional, Hakim tetap melakukan persiapan di antaranya belajar melalui buku, jurnal, internet, powerpoint, membahas soal tahun sebelumnya, memprediksi soal yang akan keluar dengan mempelajari pola soal tahun sebelumnya, serta melakukan pembinaan dengan dosen.

Terdapat tiga orang dosen yang membimbing Hannisa dan Hakim di bidang Biologi ONMIPA ini. Ketiga dosen tersebut yaitu Fenryco Pratama, Ph.D., yang membahas soal dan jurnal terkait biologi sel molekuler dan mikrobiologi; Aditya Dimas Pramudya, M.Si., yang membahas Ekologi dan Etologi; dan Dr. Noviana Vanawati yang membahas bidang Biologi perkembangan dan stem cell.

Berhasil menyabet medali, Hannisa dan Hakim berbagi kiat-kiat yang dilakukannya. “Banyak-banyak baca, ingat-ingat materi kuliah, mencoba melihat pola soal tahun sebelumnya, dan banyak berdoa,” ujar Hannisa membagikan tips.

Reporter: Hafsah Restu Nurul Annafi (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2019)

(Sumber : www.itb.ac.id)

X