Enter your keyword

SITH ITB Terima Kunjungan Universitas Teknologi MARA (UiTM) Shah Alam

SITH ITB Terima Kunjungan Universitas Teknologi MARA (UiTM) Shah Alam

BANDUNG, itb.ac.id—Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) ITB menerima kunjungan dari Universitas Teknologi MARA (UiTM) Shah Alam, Kampus Cawangan, Pulau Pinang, yang tengah mengikuti International Students Mobility Program (I-ASEP 2.0) 2023.

Sebanyak 10 mahasiswa UiTM jurusan chemical engineering didampingi oleh TS. Mohamed Syazwan bin Osman berkunjung ke Institut Teknologi Bandung (ITB) pada Senin (26/6/2023) di Ruang Seminar Gedung SITH ITB. Acara kunjungan ini juga dihadiri oleh sejumlah dosen, staf pengajar, dan beberapa perwakilan mahasiswa dari program studi Biologi, Mikrobiologi, Rekayasa Hayati, dan Rekayasa Pertanian SITH ITB.

Tujuan utama kunjungan ini adalah untuk menjadi ajang pertukaran ilmu, menambah informasi, serta menyambung tali silaturahmi. Selain itu, melalui kunjungan ini juga diharapkan dapat terjalin kolaborasi di masa depan antara keilmuan di SITH ITB dengan Universitas Teknologi MARA (UiTM) Shah Alam.

Kunjungan ini diawali dengan pengenalan profil dari SITH ITB oleh Dekan SITH, Prof. Endah Sulistyawati, Ph.D. Selanjutnya, acara ini dilanjutkan dengan penjelasan kelompok keilmuan yang berada di lingkup SITH ITB.

Pengenalan fokus riset dari keilmuan Microbial Biotechnology disampaikan oleh Prof. Pingkan Aditiawati, MS. Lalu dilanjutkan oleh Dr. Lulu Lusianti Fitri selaku perwakilan kelompok keilmuan Animal Physiology, Development, and Biomedical Sciences.

Selanjutnya, pemaparan dilanjutkan oleh Dr. Karlia Meitha, Ph.D., yang menjelaskan fokus serta topik riset dari kelompok keilmuan Genetics and Molecular Biotechnology, lalu diakhiri oleh Dr. Aos, MP., yang menyampaikan fokus riset dari kelompok keilmuan Agrotechnology and Bioproduct Technology yang berpusat di ITB Jatinangor.

Setelah itu, TS. Mohamed Syazwan bin Osman, selaku perwakilan dosen dari Universitas Teknologi MARA (UiTM) Shah Alam, juga memperkenalkan profil singkat dari UiTM, serta memberikan penjelasan mengenai tenaga pengajar dan seluruh fakultas dan keilmuan yang ada.

Kemudian acara kunjungan dilanjutkan dengan campus tour ITB Ganesa yang dipandu oleh Annisa Husna dari Rekayasa Hayati 2019. Campus tour dimulai dari mengunjungi gedung SITH beserta dengan laboratoriumnya, lalu beralih ke Sarana Olahraga Ganesa (Saraga), labtek kembar, hingga akhirnya diakhiri dengan foto bersama di Plaza Widya Nusantara, sebuah ikon yang mencirikan ITB kampus Ganesha.

Besar harapan melalui kegiatan ini, SITH ITB dapat membangun jejaring luar negeri sehingga membuka peluang terjalinnya kolaborasi antara SITH ITB dengan UITM Malaysia untuk potensial perkembangan riset berskala internasional.

Reporter: Aurelia Villi (Rekayasa Pertanian, 2021)

(Sumber : www.itb.ac.id)

X