Enter your keyword

24 Dosen SITH Menerima Dana Program Pengabdian Masyarakat ITB Tahun 2022

24 Dosen SITH Menerima Dana Program Pengabdian Masyarakat ITB Tahun 2022

BANDUNG, itb.ac.id – Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Institut Teknologi Bandung (LPPM ITB) telah mengeluarkan surat secara resmi terkait daftar nama Dosen yang menjadi Penerima Dana Program Pengabdian Masyarakat ITB Tahun 2022. 24 Dosen Sekolah Ilmu Teknologi Hayati (SITH ITB) berhasil menjadi Penerima Dana Program Pengabdian Masyarakat ITB untuk Tahun 2022. Hasil ini disiarkan pertama kali melalui akun Instagram resmi SITH ITB pada hari Senin (7/2/2022).

Program Pengabdian Masyarakat ini merupakan penerapan hasil kepakaran sivitas akademik ITB untuk penyelesaian masalah bangsa di lima lingkar mulai dari Bandung Raya, Jawa Barat, Jawa, Luar Jawa, hingga daerah Perbatasan/3T. Empat Prioritas PM ITB adalah Pemberdayaan Wilayah/Desa Binaan, Pemulihan/Reaktivasi Ekonomi Dalam Kerangka AKB, Mitigasi, Adaptasi dan Penanggulangan Bencana, dan Industri Kreatif dan Pariwisata.

Beberapa contoh desa binaan ITB untuk kategori 3T adalah Desa Srinanti, Kecamatan Sei Menggaris, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Untuk kategori daerah luar jawa, ITB melakukan pengabdian masyarakat di Maninjau, Sumatera Barat. Skema pengabdian masyarakat yang diimplementasikan LPPM ITB juga beragam. Mulai dari top down, bottom up, desa binaan, pemulihan ekonomi, citarum harum, kemitraan, kkn mahasiswa, PM Kemenristek, Tanggap Bencana.

Secara rinci, 4 dosen SITH ITB bertugas untuk daerah lingkar 5 yaitu daerah Perbatasan atau 3T. Mulai dari daerah Pulau Maratua, Berau, Kalimantan Timur, Politeknik Negeri Nusa Utara, Sulawesi Utara, dan Kupang serta Kabupaten Timor Tengah Selatan. Selain itu, 4 dosen SITH ITB bertugas untuk daerah lingkar 4 yaitu daerah di luar pulau Jawa, 1 dosen bertugas untuk daerah di pulau Jawa atau daerah lingkar 3. Untuk daerah lingkar 2 yaitu daerah Jawa Barat ditugaskan 12 dosen dan 3 dosen untuk daerah lingkar 1 yaitu daerah Bandung dan sekitarnya.

3 Dosen SITH ITB yang bertugas untuk daerah Lingkar 1 : Sekitar Bandung

  1. Sri Harjati Suhardi, Ph.D
  2. Dr. Sutrisno
  3. Dr. Yayat Hidayat

12 Dosen SITH ITB yang bertugas untuk daerah Lingkar 2 : Jawa Barat

  1. Agustania Tjahjadimulja, M.P.
  2. Dr. Arni Sholihah
  3. Dr. Dadang Sumardi
  4. Endah Sulistyawati, Ph.D.
  5. Dr. Eri Mustari
  6. Prof. Dr. Gede Suantika
  7. Husna Nugrahapraja, Ph.D. (P2D ITB)
  8. Intan Taufik, Ph.D.
  9. Dr. Rizkita Rachmi Esyanti
  10. Dr. Tati Karliati
  11. Dr. Taufikurahman (P2D ITB)
  12. Dr. Wawan Gunawan

1 Dosen SITH ITB yang bertugas untuk daerah Lingkar 3 : Pulau Jawa

  1. Ihak Sumardi, Ph.D.

4 Dosen SITH ITB yang bertugas untuk daerah Lingkar 4: Luar Pulau Jawa

  1. Fenny Martha Dwivany, Ph.D.
  2. Dr. Eng. Kamarisima
  3. Ramadhani Eka Putra, Ph.D.
  4. Prof. Dr. Tati Suryati Syamsudin, M.S., DEA.

4 Dosen SITH ITB yang bertugas untuk daerah Lingkar 5: Daerah 3T

  1. Dr. Agus Dana Permana
  2. Dr. Aos
  3. Dr. Indra Wibowo
  4. Dr. Lulu Lusianti Fitri

Semoga kegiatan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan dapat memberikan manfaat terbesar, baik bagi masyarakat yang dilibatkan, bagi Indonesia sebagai satu kesatuan dan bagi dunia.

Reporter : Yoel Enrico Meiliano (Teknik Pangan, 2020)

X