Enter your keyword

Kunjungan Menteri Kesehatan ke SITH ITB

Kunjungan Menteri Kesehatan ke SITH ITB

Bandung, sith.itb.ac.id- Pada Sabtu, 22 Juli 2023 Prof. Dr. Fenny Martha Dwivany dari Kelompok Keilmuan Genetika dan Bioteknologi Molekuler SITH ITB  memaparkan orasi ilmiah yang berjudul “Mengupas Pascapanen Buah Pisang dari Sudut Pandang Biologi Molekuler” dihadapan Forum Guru Besar Institut Teknologi Bandung dan tamu undangan lainnya. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin turut menghadiri orasi ilmiah tersebut dan meninjau alat yang dihibahkan dari Kementerian Kesehatan untuk Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH).

Menkes Budi mengatakan, “Prof Fenny memiliki keahlian genome sequence tetapi bukan untuk manusia,  untuk hewan dan tumbuh-tumbuhan. Kemampuan tersebut dimanfaatkan agar bisa mempercepat penggunaan genome sequencing untuk bisa dilakukan terhadap manusia.” Sebelumnya Prof. Dr. Fenny Martha Dwivany telah membantu Kementerian Kesehatan untuk program Biomedical & Genome Science Initiative (BGSi), BGSi sendiri merupakan program yang dibuat oleh Menkes Budi untuk mengembangkan pengobatan yang lebih tepat bagi masyarakat.

Sementara itu Kementerian Kesehatan-pun menyumbangkan GridIon alat genome sequence produksi dari inggris dengan teknologi terbaru yang saat ini sudah digunakan dengan baik oleh teman-teman SITH ITB untuk belajar dan membantu Kementerian Kesehatan, serta Rumah sakit PON akan melakukan genome sequencing menggunakan alat tersebut untuk mempelajari farmakogenomik, seperti pemberian obat yang harus disesuaikan dengan genetic dari masing-masing pasien.

Pasien A belum tentu cocok dengan obat B sedangkan pasien B mungkin cocok dengan obat B, sekarang obat B ini diberikan ke seluruh pasien tapi dengan kita bisa mempelajari respon dari obat ini untuk genetic yang berbeda-beda,” tutur Menkes Budi.

(Sumber : Youtube Kementerian Kesehatan https://youtu.be/6TLREV7aGuk)

X