One Day Seminar : Recent Approach and Future Treatment for Eradicating Tropical Diseases

Penulis : Kania Andiyanti

Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati yang didukung oleh Program world Class University-ITB bekerja sama dengan Ristek DIKTI dan PT Bio Farma menyelenggarakan One Day Seminar 2017. One Day Seminar ini diselenggarakan pada Hari Senin, tanggal 28 Agustus 2017 pada pukul 08.00 – 17.00. One Day Seminar mengangkat topik “Recent Approach and Future Treatment for Eradicating Tropical Diseases”. Dekan SITH, Dr. I. Nyoman Pugeg Aryantha selaku Dekan SITH-ITB, Ira Nurhayati Djarot selaku Direktur Sistem Riset dan Pengembangan, dan Drs. Juliman Fuad, MM, Apt., selaku PLT Direktur Utama PT Bio Farma memberikan sambutan. Acara sambutan diakhiri oleh Rektor ITB, yaitu Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA yang memberikan sambutan sekaligus membuka acara ini.

Seminar ini membuka kesempatan bagi para peserta yang ingin mempresentasikan poster penelitian dan mempublikasikan tulisannya ke jurnal tertentu. Seminar ini bersifat terbuka untuk umum. Peserta yang hadir di One Day Seminar berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari mahasiswa hingga profesional.

Narasumber yang diundang untuk seminar ini merupakan ahli di bidang penyakit-penyakit daerah tropis, seperti malaria, influenza, demam berdarah, dan lain sebagainya. Narasumber yang terlibat terutama dari Australia, yaitu Prof. David Jackson (University of Melbourne) – digantikan oleh Prof. Lorena Brown, Prof. Lorena Brown (University of Melbourne), Dr. Brendon Chua (University of Melbourne), Prof. Marc Pellegrini (Walter and Eliza Hall Institute), Dr. Gregor Ebert (Walter and Eliza Hall Institute) dan seorang pakar dari indonesia yaitu Prof. David Muljono (Eijkman Institute for Molecular Biology).